Pintu Akustik Peredam Suara

kontraktorstudio.com – Pintu akustik peredam suara yaitu pintu yang telah diisolasi dengan kuat untuk menghalangi suara dan getaran melalui pintu. Segel akustik yang kuat dan insulansi pintu yang rapat membantu mencapai hal ini dalam situasi dimana pengurangan kebisingan yang diinginkan. Rockwall tidak membuat menjadi pintu kedap suara jika hanya mengisi pintu inti yang berlubang.

Pintu peredam ini sangat terisolasi untuk mengurangi dan menghalau gelombang suara, pintu peredam mirip dengan pintu akustik tetapi dibuat dengan bahan untuk mengurangi suara berisik.

2-1

A. Mengapa Kita Membutuhkan Pintu Peredam Suara?

Banyak alasan mengapa orang menginginkan untuk menggunakan pintu akustik peredam suara. Alasan yang paling jelasnya yaitu untuk tempat yang berisik seperti klub malam, studio rekaman, atau tempat pertunjukkan konser lainnya. Kantor dokter dan kantor pemilihan militer sangat memerlukan penjagaan dan sering kali kamu sekalian akan melihat pintu kedap suara yang digunakan untuk membantu melindungi kerahasiaan pembicaraan di ruangan tersebut.

Pintu kedap suara digunakan untuk melindungi ruangan dari suara berisik yang dihasilkan oleh alat berat. Kualitas penghalang suara berisik yang efektif dari pintu kedap suara untuk menjauhkan suara berisik dari kantor, ruang rapat tanpa mengharuskan ruangan ini berada dalam jarak yang cukup jauh.

B. Jenis Pintu Peredam Suara

Jenis pintu peredam yang kamu pilih akan berpengaruh kepada penyerapan dan penghalang suara, dalam memilih bahan untuk material pintu peredam pilihlah yang berbahan padat dan dengan demikian suara tidak akan masuk ke dalam ruangan. Kamu juga dapat menggunakan beberapa bahan seperti kaca, tetapi bahan dari kaca mungkin memerlukan penguat tambahan untuk meningkatkan kualitas kedap suara nya.

Pintu kedap suara memiliki berbagai fungsi, karena pintu kedap suara juga bisa menjadi pintu yang tahan dengan api.

C. System 2 Pintu Peredam Suara

Jika kamu ingin menambah pengurangan suara yang berlebihan, system 2 pintu bisa menjadi pilihan yang tepat. System 2 pintu yaitu terdiri dari 2 pintu kedap suara tunggal dengan dengan ruangan di antaranya, ini disebut juga dengan penyangga suara. Dimana suara dapat ditangkap di dalamnya sehingga suara tidak keluar atau memasuki ruangan yang lain.

System 2 pintu ini biasanya ada 2 pintu yang harus dilalui sebelum kamu memasuki auditorium atau bisa disebut dengan ruang pemutaran. System 2 pintu ini bertujuan untuk membungkam suara.

D. Bagaimana Cara Mendesain Pintu Peredam?

Pintu kedap suara biasanya sudah dilakukan percobaan terlebih dahulu di ruangan dengan tingkat insulasi kebisingan tertentu. Hal itu penting dilakukan untuk memastikan bahwa pintu peredam tersebut dapat berfungsi dengan baik. Namun masih ada kemungkinan untuk merancang pintu yang kedap suara bahkan jika sudah diuji di ruangan yang berada diluar Kawasan kamu.

Pintu kedap suara sederhana dapat dibuat dengan merapatkan papan kalsium silikat berat di antara permukaan veneer kayu lapis.

41 png

E. Cara Memasang Kedap Suara Pintu Interior

Memasang pintu kedap suara yang benar benar professional bisa saja memakan waktu yang cukup lama dan bisa menghabiskan banyak sekali biaya, maka berikut ini ada salah satu acara yang lebih terjangkau :

  • Akustik Panel

Ada dua macam tipe panel akustik kedap suara, yakni busa dan fiberglass. Busa berfungsi untuk membantu mengurangi dengung atau gema, sementara fiberglass bergufungsi untuk menghalangi suara berisik secara langsung. Menggunakan busa mungkin akan lebih terjangkau, tetapi jika anda mempunyai biaya yang lebih maka kamu dapat menggunakan pintu kedap suara bermaterial fiberglass.

Fiberglass tidak hanya mengurangi dengung sekaligus menghalau suara, tetapi material fiberglass ini juga cocok  dengan hiasan dekorasi minimalis modern

F. Bagaimana Cara Kerja Pintu Peredam?

Suara yaitu suatu wujud energi yang dihasilkan ketika udara tercampur sedemikian rupa, sehingga tekanan udara akan berubah dan memancar dari sumber suara dalam bentuk gelombang suara. Gelombang suara tersebut bergetar pada frekuensi yang berbeda dan dihiting setiap per detik. Semakin cepat gelombang suara melewati suatu objek maka semakin pendek gelombangnya dan semakin tinggi frekuensinya.

Penghalang suara sendiri hanya dapat menurunkan jumlah kebisingannya. Seperti kamu menutup pintu, maka akan mengurangi jumlah suara berisik yang masuk. Hal itu tidak bisa membuat kebisingan itu semua terhenti, tentu saja karena gelombang suara mengalir terus seperti air.

G. Tindakan Insulansi Suara

Insulasi suara yaitu tentang pemasangan penghalang akustik. Penyerapan suara sendiri menggambarkan kekuatan bahan untuk membatasi pantulan suara. Hal tersebut dapat dicoba dengan mengubah energi suara menjadi energi panas. Semakin besar suara yang diserap, maka semakin pendek waktu dengung atau gema yang telah dihasilkan.

Dengan kata lain, insulansi suara akan mempengaruhi orang orang di ruangan atau ruang kerja yang bersebelahan dengan sumber suara yang cukup berisik. Sementara penyerapan suara akan mempengaruhi orang orang di ruangan anda atau ruang kerja anda yang bersebelahan dengan sumber suara yang cukup mengganggu.

H. Kesalahpahaman Tentang Pintu Peredam Suara

Sebuah pintu STC40 mungkin sudah cukup baik untuk digunakan di kamar tidur atau kamar hotel, tetapi akan sangat kurang jika pintu STC40 tersebut digunakan untuk studio rumahan dengan perlengkapan alat musik. Dan demikian juga, dengan pintu STC50 mungkin sudah cukup untuk ukuran studio rumahan sederhana tetapi sangat tidak cukup jika digunakan untuk teater rumah dengan studio rekaman  yang ditambah dengan drum.

Hal utama yang harus perlu diperhatikan adalah bahwa peringkst STC mewakili kualitas kedap suara dari pintu terhadap suara yang berasal dari dalam ruangan. Jika menggunakan instrument musik atau aplikasi yang khusus sebaiknya dikonsultasikan langsung kepada ahlinya konsultan akustik.

1 png

I. Pintu Peredam Suara Tidak Menjamin 100 Persen

Orang sering beranggapan dengan memasang pintu kedap suara akan berfikir bahwa aka nada kesunyian setelahnya. Tetapi sayangnya, memasang pintu kedap suara saja tidak cukup membuat kamar tidur anda menjadi tempat yang paling hening di dunia. Sama hal nya dengan menempelkan busa akustik dalam jumlah yang terlampau banyak di kamar kamu setelah pemasangan pintu peredam.

Pertanyaan bagaimana membuat kamar kamu menjadi kedap suara seringkali sulit untuk dijelaskan, karena suara berisik tersebut bisa memasuki ruangan melewati 3 jalur yaitu suara berisik dari udara, structural, atau suara yang dihasilkan dari dalam ruangan itu sendiri.

Pintu kedap suara biasanya hanya bisa mengatasi suara berisik yang berasal dari udara. Tetapi hal itu tidak akan bisa menghentikan suara anak kecil di sekitar yang dating lalu melompat lompat selama waktu bermain mereka.

J. Pintu Peredam Suara yang Terlihat Tidak Baik

Selain dari segel akustik, pintu kedap suara biasanya terlihat sangat mirip dengan pintu biasa pada umumnya. Hal itu terbagi ke dalam beberapa macam.

Kamu dapat juga menggunakan pintu dari kayu, aluminium, PVC, atau baja. Masing masing dapat digunakan untuk desain pintu peredam yang akan kamu gunakan.

K. Mengapa Pintu Peredam Sering Mengalami  Kebocoran?

Ketika menggunakan kedap suara ruangan, baik selama pengerjaan maupun setelah pengerjaan, kita justru fokus kepada dinding dan langit – langit ruangan. Kita tahu bahwa setiap lubang, celah, atau retakan akan memungkinkan gelombang suara akan masuk atau keluar dari sebuah ruangan.

 

Menggunakan pintu peredam suara di berbagai ruangan misalnya ruangan yang bersifat komersil berguna untuk menghalau suara yang masuk meskipun tidak seratus persen.

Tags : Pintu Peredam, Pintu Akustik Peredam

 

Suite 3058, Mula by Galeria Jakarta, Cilandak Town Square
Jl.T.B Simatupang Kav.17 Rt.02/Rw.01, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan – DKI Jakarta 12430
Telp : 0821 2588 8798

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!