0812 9292 0489 5 Komponen untuk Akustik Tempat Ibadah

Kontraktorstudio.comDalam beribadah tentunya Anda membutuhkan suatu tempat terlebih ruang yang sunyi agar bisa fokus menjalankan ibadah. Karenanya, tidak jarang suatu ruangan didesain khusus untuk bisa meredam suara, bahkan dari luar. Akustik tempat ibadah bisa digunakan untuk menciptakan ruang sejenis.

Nantinya, ruang ibadah bisa kedap suara bahkan tidak terdengar suara bising dari luar. Selain meredam suara, akustik ruang bisa meredam getaran dengan intensitas sedang hingga tinggi. Kenyamanan dalam beribadah tentu bisa Anda dapatkan.

Komponen untuk Akustik Tempat Ibadah

Tidak semua komponen bangunan memiliki fungsi yang sama dengan komponen akustik ruangan, terutama untuk ruang ibadah. Di antaranya terdapat lima komponen instalasi yang biasa dipakai juga ampuh untuk meredam suara dan getaran. Kelimanya yakni:

1.     Panel Kayu

Paling banyak ditemui dan paling banyak digunakan yakni panel kayu. Panel ini biasanya dipasang di sekitaran dinding depan untuk imam berkhutbah. Sisanya menggunakan komponen lain yang juga berfungsi sama dalam akustik tempat ibadah.

Panel kayu ini biasanya langsung ditempel pada dinding tempat ibadah. Panel kayu bukan hanya difungsikan untuk peredam suara, tapi juga difungsikan sebagai ornamen estetika. Penggunaan kayu juga bisa menimbulkan kesan hangat dan tenang.

2.     Multipleks

Multipleks dengan ketebalan hanya 6 mm ini bisa jadi komponen selanjutnya. Walaupun tipis, komponen ini banyak dipilih karena efektivitas peredamannya. Dengan permukaannya yang cukup tipis, justru penyerapan suara dari dalam lebih optimal.

Multipleks digunakan untuk meghindari gema atau gaung. Namun, dalam beberapa sistem multipleks juga efektif digunakan untuk meredam getaran. Bentuknya yang tipis dengan permukaan yang sudah halus membuatnya mudah untuk dipadukan dengan desain ruang lain.

3.     Karpet

Paling lumrah digunakan, karpet bukan hanya jadi alas untuk beribadah tapi juga bisa dijadikan peredam getar dan suara. Apalagi dalam kasus ruang ibadah yang cukup luas, kasus gaung, atau gema jadi salah satu permasalahan yang serius.

Pengakalan atas masalah tersebut salah satunya bisa dilakukan dengan pengaplikasian akustik ruang. Dimana karpet bisa dijadikan media untuk meredam gaung atau gema, sehingga suara yang menyebar hanya satu arah dan bisa didengar lebih jelas.

4.     Fiber

Sebagai salah satu komponen akustik, material fiber banyak digunakan karena awet dan lebih murah. Kelebihan berupa mudah disesuaikan dengan desai juga menjadi salah satu alasan kenapa komponen ini banyak digunakan dalam aplikasi akustik ruang.

Fiber yang juga tahan lama bisa dibersihkan lalu ditata ulang dengan mudah. Karenanya, komponen fiber banyak digunakan dalam hal ini. Materialnya yang mudah ditemukan kini jadi primadona untuk pemasangan akustik ruang.

5.     Glasswool atau Rockwool

Komponen ini disarankan untuk pengaplikasian akustik ruangan dengan skala yang cukup besar. Terlebih bila ruang yang digunakan menggunakan frekuensi suara tinggi. Salah satunya bisa saja instalasi untuk tempat ibadah.

Kedua material ini berasal dari bahan jayabell lalu dikembangkan menjadi glasswool atau rockwool. Keduanya bisa langsung diaplikasikan pada permukaan dinding di ruang ibadah. Berbagai macam arsitek juga bisa mengaplikasikan kedua komponen ini.

Keunggulan Menggunakan Akustik Ruang

Komponen memang sangat berpengaruh pada sistem akustik ruang. Namun, fungsinya masih cenderung sama. Masih bingung apa fungsi akustik ruangan, terutama untuk tempat ibadah? Untuk lebih sederhananya berikut 3 keunggulan yang bisa dirasakan setelah pemasangan akustik ruang:

1.     Ruang Jadi Lebih Senyap

Akustik ruangan dengan fungsi meredam suara dan getaran sangat bisa diandalkan untuk menciptakan keheningan dalam ruang. Ruang ibadah yang senyap dan nyaman bisa didapatkan bila Anda mengaplikasikan akustika ruangan.

Keunggulan itu bisa Anda dapatkan hanya dengan satu kali instalasi. Pada dasarnya instalasi ini bisa bertahan hingga umur tahunan. Semua bergantung pada perawatan juga material yang dipilih saat awal instalasi akustik ruang.

2.     Ibadah Jadi Lebih Khusyuk

Melakukan ibadah dengan khusyuk merupakan keinginan setiap umat beragama. Salah satu caranya yakni pergi beribadah ke tempat yang seharusnya. Anda bisa menciptakan ibadah yang lebih khusyuk dengan mengaplikasikan akustik pada ruang ibadah pribadi maupun umum.

Tentunya ibadah yang khusyuk mengantarkan Anda pada pengalaman spiritual yang lebih tinggi. Ini jadi salah satu keunggulan yang bisa didapatkan bagi siapapun yang mengaplikasikanya. Perlu diketahui hampir semua elemen akustik bisa diandalkan dan mengiringi kekhusyukan Anda.

3.     Nilai Estetika Bertambah

Siapa yang tidak betah berdiam lama di satu ruangan dengan interior yang menawan. Akustik ruangan juga menawarkan hal tersebut, dimana konsep nyaman tanpa banyak ornament bisa Anda dapatkan.

Keunggulan ini juga jadi banyak sorotan selain keunggulannya dalam meredam suara dan getaran. Jadi, bagi Anda yang menginginkan ruang senyap dengan hasil yang memukau bisa menggunakan interior akustik.

Mantapkan ibadah Anda dengan kekhusyukan yang diperoleh dari instalasi akustik ruangan. Anda bisa memilih komponen mana yang paling cocok untuk desain ruang. Jangan lupa untuk menjaga kebersihannya agar akustik terbilang awet.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!