0812 9292 0489 Cara Kerja, Manfaat dan Material Akustik Studio Band

Kontraktorstudio.comPernahkah terlintas kenapa studio band begitu tertutup dengan bentuk permukaan dinding yang tidak biasa? Suaranya juga bisa lebih kecil bahkan tidak terdengar dari luar. Ternyata kebanyakan studio band menerapkan akustik studio band.

Terdapat bahan peredam yang ditempelkan di permukaan dinding, agar suara tidak memantul apalagi tersebar hingga keluar. Jadi, pengguna studio bisa jelas mendengar komposisi musik yang sedang dimainkan. Sebanyak apapun alat musik yang dimainkan, tidak akan menimbulkan masalah yang berarti.

Kontraktor Ruang Studio

Cara Kerja Akustik Studio Band

Sebagai instrumen peredam, akustik ruang studio memiliki cara kerja yang unik. Tidak melihat desain, akustik studio dengan cepat meredam sumber suara atau sumber getaran. Nyatanya, instrumen ini tidak selalu berbentuk tumpukan karpet tebal yang di tempel di seluruh permukaan ruang.

Akustik ruang bekerja dengan cara menangkap suara yang dipantulkan oleh sumber. Terlebih pada suatu studio baik studio musik, rekaman, maupun studio foto. Sederhananya sistem peredam bekerja langsung sesaat setelah suara terlontarkan.

Tidak hanya suara, sistem redam yang dimiliki oleh akustik ruang studio bekerja meredam getaran. Anda tentunya pernah merasakan bagaimana timbulnya getaran karena sumber suara tertentu. Apalagi suara dalam studio diharuskan jernih dan bervolume besar, terbayang seperti apa getaran yang dihasilkan.

Cara kerjanya memang sederhana. Namun, di balik itu terdapat perhitungan komponen suara yang harus dilakukan secara presisi. Komponen suara seperti stereo, clarity, waktu dengung, kejelasan percakapan, transmisi suara, hingga kejelasan bunyi harus dihitung, dan disesuaikan secara baik.

Manfaat Penggunaan Akustik Studio

Sudah bisa dibayangkan bagaimana cara kerja ruang akustik, maka manfaatnya pun tentu bisa dibayangkan juga. Lebih dari peredam suara tunggal ternyata akustik ruang untuk studio memiliki setidaknya 5 manfaat untuk penggunanya. Berikut pemaparannya:

1.     Membuat Ruang Lebih Senyap

Studio biasanya didesain untuk menghindari suara bising dari luar. Ini juga berfungsi untuk menjaga fokus siapa pun yang berada di dalamnya. Ruang yang lebih senyap memungkinkan Anda untuk melakukan segala aktivitas tanpa terganggu kebisingan dari luar.

2.     Mencegah Kebocoran Suara

Takut tetangga terganggu karena kebisingan suara yang bersumber dari studio? Terlebih bila studio yang jadi sumber kebisingan berada di pemukiman yang cukup hening. Anda tetap bisa memiliki studio, tanpa takut kebocoran suara dengan cara menggunakan akustik studio.

3.     Meredam Getaran

Selain meredam suara, akusitika studio juga bekerja memberikan manfaat berupa peredaman getaran. Getaran bisa saja ditimbulkan karena volume suara atau hentakan barang tertentu. Akusitik ruang bisa bekerja meredam getaran tanpa harus menambahkan alat peredam lain.

4.     Menjamin Kejernihan Recording Suara

Studio recording membutuhkan ruang yang senyap tanpa gangguan suara dari luar maupun getaran yang timbul dari dalam. Penggunaan akustik ruang dapat menjamin kejernihan rekaman suara karena suara bising, gaung, gema, hingga getaran yang timbul bisa diredam.

5.     Menambah Estetika

Tidak melulu berupa karpet tebal, kini akustik ruangan memiliki desain yang beragam. Desain ini bisa disesuaikan dengan arsitektur bangunan atau bahkan disesuaikan dengan selera pribadi. Anda bisa memesan desain arsitek akustik ruang untuk studio Anda dengan cara yang mudah.

1 png

Material Akustik Ruang

Anda yang hendak membuat ruang studio band berskala kecil maupun besar bisa memilih dulu material akustik studio band. Ini bisa dipilih berdasarkan kebutuhan atau berdasarkan skala ruangan. Beberapa pilihan material di bawah ini bisa membantu Anda memutuskan material mana yang akan dipilih:

1.     Jayabell

Untuk menyerap frekuensi suara tinggi material ini paling banyak digunakan. Jayabell atau armstrong acoustic panel biasa diaplikasikan langsung pada dinding ruang studio. Beberapa material sejenis, seperti glasswool atau rockwool hingga fabric.

2.     Panel Multipleks 6 mm

Panel ini berfungsi untuk menyerap frekuensi suara rendah. Material ini biasanya diaplikasikan pada ruang studio yang lebih kecil. Bukan hanya studio musik, kebanyakan material ini digunakan untuk studio belajar atau ruang pribadi untuk menciptakan kesenyapan.

3.     Kayu Solid 9 mm

Perhitungan pada akustik ruangan menunjukan bahwa semakin berjarak rongga untuk udara dengan panel, maka penyerapan suara frekuensi rendah akan semakin besar. Ini memungkinkan kejernihan suara studio lebih tinggi. Maka dari itu, material kayu solid juga masih banyak dipakai.

4.     Karpet

Paling mendasar digunakan karpet banyak digunakan selain karena harganya yang terjangkau dengan efek yang optimal, nilai estetika lebih terbangun. Karenanya, banyak studio hingga auditorium yang menghindari penggunaan keramik untuk dasar lantainya.

5.     Panel Timber Akustik Kualitas Tinggi

Panel ini biasanya dipakai dalam studio besar yang membutuhkan pendistribusian suara yang luas. Fungsinya agar suara bisa terdengar lewat medium tertentu. Ini juga memungkinkan rekaman dengan berbagai macam instrumen yang dimainkan dalam satu waktu bersamaan.

Ruang studio band Anda bisa dibentuk sedemikian rupa agar nyaman. Dengan memanfaatkan interior akustik studio band, bukan hanya ruang yang senyap hingga nyaman, tapi juga Anda bisa mendapatkan ruang dengan interior yang menarik.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

Copyright 2024 © kontraktorstudio.com All rights Reserved.
error: Content is protected !!