0812 9292 0489 Cara Membuat Ruang Kedap Suara dengan Bahan-Bahan Sederhana

Kontraktorstudio.comAnda yang tinggal di daerah perkotaan apalagi kalau rumah yang Anda tempati itu letaknya di pinggir jalan raya pasti sering mengeluhkan suara berisik. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat ruang kedap suara menggunakan bahan-bahan sederhana.

ruang kedap suara
peredam ruangan

7 Cara Mudah Membuat Ruang Kedap Suara

1.      Melapisi Lantai dengan Karpet Tebal

Salah satu cara paling mudah untuk mengurangi suara berisik dalam sebuah ruangan adalah dengan melapisi lantai menggunakan karpet tebal. Karpet dengan ketebalan tertentu itu bisa membantu mengurangi pantulan suara.

Namun, jika Anda merasa bahwa karpet tebal masih belum terlalu ampuh membuat sebuah ruangan menjadi kedap suara. Maka Anda bisa menambahkan rug pad. Jadi, lapisi lantai terlebih dahulu menggunakan rug pad kemudian di bagian atas rug pad lapisi kembali dengan karpet.

Lantai ruangan yang dilapisi dengan rug pad dan juga karpet tebal akan sangat membantu terjadinya proses peredaman suara. Hal tersebut akan membuat sebuah ruangan akan semakin nyaman untuk ditempati apalagi jika ruangan yang dimaksud itu adalah kamar tidur.

2.      Menggunakan Gorden Tebal yang Dipasang di Depan Pintu

Selain penggunaan karpet tebal Anda juga bisa memasang gorden tebal dalam ruangan tersebut. Penggunaan gorden tebal bisa ditempatkan di area depan pintu. Cara seperti ini bisa membantu peredaman bocornya suara yang berasal dari celah pintu.

3.      Menggunakan Lemari atau Rak Berisi Banyak Buku

Dinding ruangan rumah biasanya tidak memiliki kemampuan untuk meredam suara dengan baik. Oleh sebab itu, suara berisik yang merambat melalui dinding itu perlu diredam jika Anda ingin memiliki sebuah ruangan yang kedap suara.

Cara sederhana untuk meredam suara tersebut adalah dengan menggunakan lemari atau rak buku. Perlu diingat sebaiknya lemari atau rak yang akan Anda tempatkan menutupi dinding itu harus dipenuhi oleh buku.

Menutupi seluruh dinding ruangan dengan lemari atau rak yang penuh dengan buku terbilang cukup efektif dijadikan sebagai peredam suara. Cara seperti ini bisa menghalangi gelombang suara yang merambat di dinding baik itu yang berasal dari dalam ataupun luar ruangan.

4.      Menutup Celah Pintu

Jika Anda masih bisa mendengar orang berbicara di luar kamar dengan sangat jelas, maka kemungkinan ada beberapa celah udara besar di pintu kamar Anda. Oleh sebab itu, agar suara yang terdengar dari luar kamar ataupun sebaliknya itu bisa lebih diredam maka Anda perlu menutup celah-celah tersebut.

Salah satu cara menutup celah-celah yang ada di area sekitar pintu adalah dengan menggunakan door seal. Sesuai namanya fungsi door seal adalah untuk menutup celah pintu. Door seal banyak dijual di toko bahan bangunan dan toko perlengkapan rumah tangga atau Anda juga bisa membelinya secara online.

Jika Anda ingin membuat ruangan kamar menjadi lebih nyaman tanpa suara berisik dari luar ruangan, pastikan bahwa door seal yang Anda gunakan itu adalah door seal yang tebal. Bukan hanya berfungsi sebagai peredam suara, door seal juga bisa mencegah masuknya debu dan serangga.

5.      Memasangi Dinding dengan Pelapis Karet

Suara itu pada dasarnya dipantulkan melalui permukaan keras, misal seperti lantai, dinding dan juga langit-langit ruangan. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin meredam suara dalam sebuah ruangan maka Anda perlu memastikan bahwa peluang suara untuk terpantul itu lebih kecil.

Maka dari itu salah satu cara efektif adalah dengan menutupi bagian-bagian keras dalam sebuah ruangan tersebut menggunakan bahan yang empuk dan tebal misal seperti karpet atau pelapis yang terbuat dari karet (rubber mat)’

Rubber mat itu bisa Anda pasang atau tempel di seluruh permukaan dinding ruangan. Menggunakan rubber mat bisa menyerap suara yang membuat sebuah ruangan menjadi kedap suara. Ruangan akan terlihat semakin sempurna dengan melapisi lagi seluruh permukaan dinding dengan karpet.

tempat-Jual-Beli-Peredam-Suara

6.      Memasang Panel Akustik

Jika Anda ingin ruangan menjadi lebih kedap suara maka Anda bisa melapisi permukaan dinding dengan panel akustik yang biasanya dipasang di dalam studio musik. Fungsi dari panel akustik ini adalah pencegah agar suara untuk memantul dari permukaan dinding

Fungsi lain dari panel akustik adalah untuk menghalangi masuknya gelombang suara yang lewat dari jendela atau pintu. Jadi penggunaan panel akustik untuk membuat sebuah ruangan menjadi kedap suara sangatlah efektif.

7.      Menggunakan Gorden Khusus Kedap Suara

Tahukah Anda bahwa kini sudah ada di pasaran gorden khusus yang dibuat untuk menciptakan ruangan kedap suara. Jadi bukan hanya membuat sebuah ruangan bebas dari suara bising, ruangan yang di semua jendelanya dipasangi gorden kedap suara itu juga akan tetap terlihat cantik.

Cara-cara mudah yang sudah dijelaskan di atas itu akan membuat ruangan dalam rumah Anda bisa lebih nyaman untuk ditinggali. Bukan hanya Anda akan bebas dari suara berisik namun Anda juga tidak perlu khawatir suara-suara berisik dari dalam ruang kedap suara itu mengganggu orang lain.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

Copyright 2024 © kontraktorstudio.com All rights Reserved.
error: Content is protected !!