0812 9292 0489 Fungsi Peredam Suara Ruangan Seminar dan Bahan Peredam Suara Terbaik

Kontraktorstudio.comRuang seminar termasuk salah satu jenis ruangan yang sebaiknya menggunakan peredam suara. Untungnya saat ini cukup banyak bahan peredam suara ruangan seminar yang bisa dipilih. Nah, untuk lebih jelas mengenai bahan peredam suara tersebut, maka langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Fungsi Peredam Suara Ruang Seminar

Sebagai sebuah ruangan yang diperuntukan untuk rapat atau seminar, maka sudah seharusnya ruangan tersebut mampu menghasilkan kualitas audio yang baik. Hal tersebut diharapkan bisa membuat seminar atau rapat yang terjadi dalam ruang tersebut bisa berlangsung lebih lancar.

Kelancaran sebuah seminar terjadi karena adanya beberapa faktor, salah satunya adalah faktor kejelasan suara dari pembicara seminar. Oleh sebab itu, diperlukan peredam suara yang mampu menjalankan fungsi-fungsinya, seperti berikut ini:

1.     Mengurangi Suara Bising dari Luar Ruangan

Salah satu fungsi utama peredam suara yang dipasang dalam sebuah ruang seminar adalah untuk mengurangi kebisingan suara yang muncul dari luar ruangan tersebut.  Hal tersebut bisa membuat seminar dapat berlangsung lebih lancar, sebab fokus suara hanya terjadi di dalam ruangan saja.

Suara bising yang terjadi di luar ruangan berpotensi mengganggu kelancaran seminar. Peserta seminar yang tidak bisa mendengar dengan baik materi seminar disebabkan karena kebisingan suara dari luar, tentu akan terganggu karena merasa tidak bisa berkonsentrasi terhadap pembahasan materi seminar.

2.     Mengatur Suara yang Terjadi dalam Ruang Seminar

Bukan hanya berfungsi untuk mencegah kebisingan suara dari luar ruangan masuk ke dalam ruang seminar, peredam suara sekaligus mampu mengatur suara yang terjadi dalam ruangan seminar itu. Pengaturan suara tersebut akan membuat suara yang ada dalam ruang seminar jadi lebih enak didengar.

Apabila suara yang dihasilkan dalam ruang seminar enak didengar, maka penjelasan materi seminar yang dilakukan oleh para pembicara seminar pun akan lebih jelas terdengar. Ruang seminar yang tidak dipasang peredam suara akan membuat penyampaian materi seminar lebih sulit untuk dipahami.

3.     Meminimalkan Gema yang Terjadi dalam Ruang Seminar

Pemasangan peredam suara berkualitas terbaik dalam sebuah ruang seminar juga berfungsi untuk meminimalkan gema yang terjadi dalam ruangan tersebut. Gema ruangan bisa membuat suara terdengar tidak jelas.

Apabila terjadi gema, maka peserta seminar tentu akan terganggu dan berakibat mereka jadi tidak fokus terhadap materi seminar. Oleh sebab itu, sebuah ruangan seminar harus mampu memberikan jaminan kejernihan suara, sehingga diperlukan pemasangan peredam suara dalam ruangan tersebut.

4.     Menunjang Keberhasilan Seminar agar Berlangsung dengan Lancar

Peredam suara dalam sebuah ruang seminar tentu memegang peranan cukup besar terhadap keberhasilan dan kelancaran sebuah seminar. Hal tersebut disebabkan karena berkat adanya peredam suara, maka pemaparan materi yang dijelaskan oleh pembicara seminar bisa terdengar lebih jelas.

Pemaparan seminar yang terdengar lebih, jelas tentu membuat para peserta seminar bisa lebih mudah mengikuti dan menyerap segala informasi yang mereka dengar dari seminar tersebut.

Bahan Peredam Suara Terbaik untuk Ruang Seminar

1.     Glasswool

Glasswool merupakan salah satu jenis bahan peredam suara yang cukup mudah untuk ditemukan. Kualitas glasswool sebagai peredam suara untuk sebuah ruangan seminar juga terbilang sangat baik. Tekstur bahan peredam suara yang terbuat dari fiber glass ini seperti bulu domba.

Tekstur itulah yang membuat glasswool dapat meredam suara dengan baik. Biasanya, bahan peredam suara yang dikenal dengan sebutan glasswool ini dijual dalam bentuk lembaran atau gulungan.

2.     Cellulose Fiber

Bahan peredam suara untuk ruangan seminar berikutnya dikenal dengan nama cellulose fiber. Material peredam suara yang satu ini dibuat dari bahan-bahan alami, misalnya seperti  serat kayu. Cellulose fiber termasuk jenis bahan peredam suara yang disarankan untuk dipasang di ruangan seminar.

Hal tersebut disebabkan karena daya redam suara yang bisa dihasilkan dari cellulose fiber itu bisa mencapai 50%. Kualitas cellulose fiber untuk meredam suara dalam sebuah ruangan seminar itu, bahkan sudah dibuktikan lewat banyak penelitian.

3.     Rockwool

Rockwool adalah salah satu jenis bahan peredam suara yang paling populer. Kemampuan bahan ini untuk meredam suara memang tidak perlu diragukan lagi, sehingga tidak mengherankan jika banyak ruang seminar yang dipasangi rockwool.

Rockwool juga bukan hanya bisa berperan sebagai peredam suara. Jenis material ini bahkan juga bisa dijadikan sebagai peredam panas yang baik.

4.     Busa

Busa juga bisa dijadikan sebagai bahan peredam suara yang cukup baik untuk dipasang di dalam sebuah ruang seminar. Peredaman suara menggunakan bahan busa atau foam ini akan lebih maksimal jika menggunakan busa dengan permukaan yang tidak rata.

Penggunaan peredam suara ruangan seminar memang sangat dibutuhkan. Namun, biasanya proses pemasangan peredam suara untuk ruang seminar terbilang cukup rumit. Oleh sebab itu, diperlukan tenaga ahli untuk melakukan proses pemasangan agar hasilnya pun jadi lebih baik.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

Copyright 2024 © kontraktorstudio.com All rights Reserved.
error: Content is protected !!