0812 9292 0489 Fungsi Peredam Suara Ruangan Studio Musik

Kontraktorstudio.comKonstruksi ruangan studio musik memang berbeda dengan ruangan pada umumnya. Hal tersebut disebabkan karena sebuah ruangan studio musik tentu saja harus mampu terbebas dari kebisingan lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, dibutuhkan peredam suara ruangan studio musik yang berkualitas.

Jika ingin membangun ruangan studio musik, Anda harus mampu membedakan penggunaan masing-masing material konstruksinya. Ada material yang berfungsi sebatas dekorasi saja, ada pula material yang memang berfungsi meredam suara-suara liar yang tidak diinginkan masuk ke dalam ruangan.

jasa buat ruang studio

Fungsi Material Peredam Suara Ruangan Studio Musik

1.     Menciptakan Ruangan yang Kedap Suara

Pada dasarnya fungsi peredam suara ruangan adalah untuk menciptakan sebuah ruangan yang kedap suara. Hal tersebut membuat segala aktivitas yang menimbulkan suara dalam ruangan tersebut, tidak akan bocor dan beredar keluar ruangan.

Studio musik tentu akan menghasilkan suara dalam intensitas yang cukup besar, sehingga suara yang dihasilkan jika tidak diredam akan berpotensi mengganggu lingkungan sekitar. Maka dari itu, material peredam suara sangat dibutuhkan untuk melapisi seluruh bagian dalam ruangan studio musik tersebut.

Dengan demikian, suara tingkat tinggi yang dihasilkan dari dalam studio musik, tidak akan mengganggu lingkungan sekitar.

2.     Mencegah Terjadinya Gema

Peredam suara ruangan untuk studio musik juga berfungsi agar bisa mencegah gema dan berbagai macam bunyi-bunyian liar yang berasal dari luar ruangan. Gema dan bunyi-bunyi liar yang tidak diinginkan dari luar ruangan bisa mengganggu konsentrasi saat bernyanyi atau saat bermain alat musik.

3.     Mendapatkan Kualitas Suara yang Asli

Satu hal yang diinginkan saat berada di sebuah studio musik adalah agar bisa mendapatkan kualitas suara, baik itu yang berasal dari nyanyian atau alat musik yang dimainkan secara asli. Adanya peredam suara akan bisa membantu Anda untuk mendapatkan kualitas suara yang asli tersebut.

Bernyanyi dan bermain alat musik dalam sebuah studio musik membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Hal seperti itu tidak bisa didapatkan jika dalam ruangan suara alat musik yang dimainkan tercampur dengan noise dari luar, sehingga dibutuhkan peredam suara ruangan yang berkualitas.

Selain ketiga fungsi di atas, peredam suara juga bisa digunakan untuk beragam fungsi lainnya tergantung keperluan. Oleh sebab itu, dibutuhkan tenaga ahli yang mengerti pemasangan alat peredam suara tersebut agar dapat menyatu dengan ruangan, sehingga dapat bekerja sesuai fungsi yang diharapkan.

Langkah-Langkah untuk Memasang Peredam Suara Studio Musik

1.     Mempersiapkan Perlengkapan Peredam Suara

Langkah pertama adalah mempersiapkan segala alat dan bahan peredam suara yang akan dipasang dalam studio musik tersebut. Beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan di antaranya seperti glasswool dalam bentuk gulungan karpet, busa, gulungan karpet standar, busa telur, dan juga papan gypsum.

2.     Membersihkan Dinding

Peredam suara untuk studio musik akan dipasang pada bagian dinding, oleh sebab itu Anda perlu membersihkan dinding. Tujuan pembersihan dinding tersebut agar bahan peredam suara bisa melekat sempurna dan terus terjaga kualitasnya.

3.     Lakukan Penyekatan Dinding

Penyekatan dinding bisa dilakukan dengan menggunakan kaso ataupun aluminium, hingga ruangan yang akan dijadikan studio musik itu dapat tertutup sempurna.

4.     Lakukan Pengisian Bahan Peredam Suara

Lakukan pelapisan pertama menggunakan busa dengan cara memasukkan busa pada kayu sekat. Setelah itu, pada permukaan busa ditempel dengan papan gypsum. Proses pengisian atau penempelan bahan peredam suara itu bisa menggunakan lem karet ataupun paku.

Pastikan seluruh dinding dalam ruangan studio musik itu sudah tertutupi dengan peredam suara hingga rapat.  Selain bahan peredam suara yang berkualitas, sebaiknya Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan bahan yang nyaman untuk digunakan.

Kontraktor Ruang Studio

5.     Pemasangan Karpet

Agar dinding studio musik terlihat lebih rapi, maka setelah proses pengisian bahan peredam suara itu Anda harus menempelkan karpet standar di seluruh ruangan studio musik tersebut.

Faktor yang Harus Diperhatikan saat Pemasangan Bahan Peredam Suara

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika memasang bahan peredam suara dalam studio musik, salah satunya adalah permasalahan mengenai akustik studio. Permasalahan ini memang sering terjadi dalam sebuah ruangan.

Hal seperti itu membuat orang yang ada di dalam ruangan tersebut tidak bisa mendengar suara dengan baik disebabkan karena gema.  Efek noise yang cukup tinggi itu bisa diatasi, dengan memperhatikan seberapa kaku dinding penghalang dalam ruangan studio musik tersebut.

Selain permasalahan mengenai akustik studio, Anda juga perlu memperhatikan faktor massa dinding. Semakin besar massa dinding, maka suara akan terhalang sehingga membuatnya malah memantul. Oleh sebab itu, noises dan massa dinding harus berpadu secara seimbang.

Pembangunan studio musik memang tidak bisa sembarangan, sebab ada cukup banyak faktor yang perlu diperhatikan. Salah satu faktor terpenting adalah pemasangan peredam suara ruangan studio musik. Studio dengan peredam suara berkualitas akan bisa menjalankan fungsinya dengan sempurna.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!