0812 9292 0489 Jasa Buat Akustik Gedung Terbaik dan Berkualitas

Kontraktorstudio.comGedung dapat dijadikan sarana guna melakukan banyak aktivitas. Mulai dari bekerja, belajar, bersantai, sampai acara musik bisa dilakukan di dalam gedung. Demi menunjang kelancaran berbagai acara yang diselenggarakan di dalam bangunan tersebut, maka perlu melakukan penataan akustik gedung yang baik.

Penataan akustik di dalam gedung sangat penting demi menjaga kenyamanan pengguna bangunan tersebut. Dengan demikian, maka output kegiatan atau acara apapun yang diadakan di dalam gedung bisa berjalan tanpa hambatan.

Pentingnya Akustik Gedung

Akustik ruang gedung merupakan penataan suara maupun bunyi-bunyian tertentu yang terjadi di tempat tersebut. Penataan akustik pada gedung sangat berpengaruh di dalam reproduksi suara. Contohnya, gedung pertemuan rapat.

Akustik di dalam gedung pertemuan rapat begitu memberikan pengaruh pada sisi artikulasi serta kejelasan intonasi baca. Untuk itu, dalam pembangunan gedung memerlukan bantuan ahli guna mewujudkan bangunan yang ideal.

Khusus akustik sisi permukaan bangunan yang tertutup semacam ini terbagi menjadi beberapa kategori. Karakter tersebut di antaranya absorber, reflektor, dan diffusor. Kombinasi ketiga karakteristik tersebut akan mampu menjadikan tata akustik ruangan semakin maksimal.

1.     Absorber

Karakteristik ini terbuat dari material yang mampu menyerap suara dengan skala besar ketika mendatanginya. Adapun material yang tergolong absorber di antaranya foam, glasswool, serta mineral wool.

Material penyerap suara ini juga bisa digabungkan dengan material lain, sehingga menciptakan sistem absorber dengan sangat baik. Contohnya absorber grid, panel, covered, fabric, hingga acoustic tiles. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan.

2.     Reflektor

Reflektor juga kerap disebut sebagai material pemantul suara. Karakteristik akustik ini bersifat memantulkan energi dalam skala banyak saat datang. Tidak jauh berbeda dari material penyerap suara atau absorber.

Pantulan reflektor bersifat spekular yakni sudut pantul sama dengan susut kedatangan. Adapun material yang dikategorikan sebagai reflektor juga cukup beragam, seperti logam, alumunium, marmer, beton, gypsum board, serta keramik.

3.     Diffusor

Penyebar suara atau diffusor merupakan karakteristik akustik yang sengaja diciptakan secara tidak merata. Nantinya permukaan ini akan mampu menyebarkan banyak energi suara yang mendatanginya secara merata.

Diffusor merupakan komponen penting sistem akustik ruangan yang menjadi pelengkap material reflektor dan absorber. Beberapa contoh diffusor paling umum di antaranya BAD panel , QRD diffuser, diffsorber, dan lainnya.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Tata Akustik Ruang Gedung 

Tata akustik ruang gedung begitu penting guna meminimalisir gaduh dan bising pada bangunan. Di samping itu, sistem penataan ini juga sangat ampuh guna mengendalikan ciri khas suara yang ada di dalam gedung.

Terlebih untuk gedung-gedung yang memiliki kebutuhan tinggi terkait mutu serta kejelasan suara. Contohnya gedung kelas, studio rekaman musik, konser, serbaguna, dan sebagainya. Tahukah Anda bahwa sejatinya ada sejumlah hal yang mempengaruhi tata akustik dalam suatu gedung?

  1. Besaran volume serta skala geometri gedung.
  2. Karakteristik transmisi, absorpsi, serta pantulan bunyi yang berasal dari bentuk permukaan. Adapun bentuk permukaan tersebut berada di dalam ruangan maupun menyelubungi ruangan.
  3. Suara yang berada di dalam serta di luar ruangan.
  4. Airborne sound atau transmisi bunyi melalui udara.
  5. Impact raise atau kebisingan yang terjadi akibat adanya tumbukan.

Parameter Tata Akustik Ruang Gedung

Untuk menciptakan tata akustik dalam suatu gedung yang baik, maka Anda juga memerlukan parameter. Setidaknya ada 3 parameter yang penting guna sistem tata akustik ruangan, seperti absorpsi suara, waktu dengung, hingga insulasi suara.

1.     Absorpsi Suara

Absorpsi suara menjadi suatu fenomena hilangnya suatu energi suara ketika gelombang tengah melakukan interaksi dengan elemen gedung. Misalnya, dinding, plafon, lantai, dan sebagainya. Dengan demikian, maka suara tidak akan bisa dipantulkan ulang.

Secara umum absorpsi ini sangat bermanfaat dalam tata akustik. Salah satu yang terpenting ialah mampu mengurangi waktu dengung. Hal-hal yang termasuk waktu dengung di antaranya suara pesawat terbang di langit, lalu lintas di luar ruangan, suara mesin, dan lain-lain.

2.     Waktu Dengung

Parameter waktu dengung ialah suatu ruangan yang mampu mengubah persepsi suara dari asal sumber. Selain itu, juga mampu untuk memberikan efek tertentu, khususnya kejelasan terhadap informasi akustik. Tahukah Anda bahwa waktu dengung yang tinggi ternyata tidak baik bagi suatu gedung?

Waktu dengung dengan skala tinggi dapat menjadikan suara terdengar cukup keras, berisik, dan sayu. Maka dari itu, suatu gedung harus memiliki waktu dengung rendah. Dengan demikian, suara bisa terdengar lebih jernih.

3.     Insulasi Suara

Insulasi suara umumnya mampu mencegah transmisi suara atau meminimalisirnya. Insulasi suara yang menggunakan material tunggal biasanya akan dipengaruhi oleh massa, redaman, dan stiffness. Jadi, apabila tingkat suara di dalam gedung baik, maka di luar gedung menjadi nyaris tidak terdengar.

Akustik gedung memang sangat penting demi kelancaran acara atau kegiatan apapun di dalam tempat tersebut. Tanpa adanya tata akustik, maka suara menjadi sulit terkontrol bahkan dapat terus memantul serta menggema.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

Copyright 2024 © kontraktorstudio.com All rights Reserved.
error: Content is protected !!