0812 9292 0489 Jasa Spesialian Peredam Suara Gedung Terbaik

Kontraktorstudio.comGedung-gedung pencakar langit di kota besar biasanya digunakan untuk sebuah kantor, hotel, hingga apartemen. Kegiatan di sebuah gedung pasti sangat beragam dan seringkali menjadi lalu lalang banyak orang. Hal inilah yang membuat setiap ruangan pasti diberikan peredam suara gedung.

Manfaat Peredam Suara dalam Gedung

Berdasarkan fungsi gedung, adanya alat peredam suara yang digunakan dapat membawa beberapa manfaat, antara lain:

1.     Gedung Perkantoran

  • Membuat suasana kantor lebih nyaman dan tenang karena setiap kegiatan tidak mengganggu kegiatan lainnya.
  • Mampu menjaga kerahasiaan ketika ada pertemuan atau meeting dengan pihak luar.
  • Beberapa bahan peredam yang berkualitas juga mampu menjaga suhu ruangan gedung kantor tetap sejuk.

2.     Gedung Bioskop

  • Suara film tidak bocor ke luar ruangan.
  • Antara suara ruang bioskop satu dengan yang lainnya tidak saling mengganggu (meskipun berdekatan dan film diputar dengan volume cukup tinggi).
  • Para penonton merasa tetap nyaman karena suara film lebih terfokus.

3.     Gedung Apartemen

  • Menjaga privasi antar penghuni apartemen, khususnya terkait suara yang ditimbulkan dari masing-masing apartemen.
  • Ruang apartemen yang cukup sempit akan tetap nyaman dan sejuk karena memiliki peredam suara yang terbuat dari bahan berkualitas.

Pada intinya, adanya peredam suara di sebuah gedung akan memberikan banyak manfaat, utamanya rasa nyaman dan tenang karena terhindar dari suara-suara yang mungkin mengganggu.

Material Peredam Suara Gedung yang Paling Direkomendasikan

Ada banyak material yang bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan peredam suara di dalam gedung, di antaranya adalah:

1.     Glasswool, Rockwool, dan Greenwool

Glasswool, rockwool, dan greenwool merupakan tiga jenis bahan utama peredam suara untuk gedung yang cukup sering digunakan. Ketiga bahan ini memiliki daya redam yang berbeda-beda. Jenis glasswool sangat cocok untuk gedung kecil karena daya redamnya <50 decibel.

Jenis bahan rockwool adalah bahan peredam yang paling banyak dipilih karena daya redam mencapai 100 decibel.  Namun, jenis rockwool dan glasswool harus lebih diperhatikan dalam pemasangannya karena memiliki banyak kandungan kimia yang dapat menimbulkan alergi gatal.

Sedangkan untuk jenis greenwool sendiri lebih sering disebut dengan healthy wool. Artinya material ini dianggap paling ramah lingkungan dan memiliki daya redam yang baik. Selain itu, greenwool juga dibekali sifat anti air, sehingga mampu menjaga suhu ruangan tetap sejuk.

2.     Keramik Fiber

Beberapa gedung dengan notabene mewah biasanya akan menggunakan bahan peredam suara dari keramik fiber. Bahan ini tergolong mahal untuk pembelian per meternya. Meskipun harganya mahal, tetapi kualitas redamnya sangat maksimal.

Keramik fiber ini pembuatannya seringkali dicampur langsung pada bahan bangunan. Warnanya putih bersih dan bentuknya tipis. Selain sebagai bahan peredam suara yang baik, keramik fiber juga mampu menyerap panas, sehingga ruangan menjadi lebih sejuk.

3.     Bahan PET

Material PET juga menjadi salah satu pilihan terbaik untuk pembuatan peredam suara di dalam gedung. Bahan ini biasanya digunakan di sebuah pabrik karena daya redamnya nyaris sempurna. Meskipun demikian, PET bisa menjadi pilihan untuk jenis gedung-gedung besar.

Selain memiliki daya redam yang sangat baik, bentuk PET bisa disesuaikan dengan model dan ukuran ruangan atau gedung. Pemasangannya juga sangat mudah dan cepat tanpa harus dipasangi rangka khusus.

4.     Busa Telur

Sudah tidak mengherankan jika busa telur menjadi favoritnya masyarakat untuk menciptakan ruangan kedap suara. Bahan ini tergolong paling ekonomis dibandingkan jenis material peredam lain. Saat ini pun, model busa telur sangatlah beragam, sehingga bisa menambah estetika bangunan.

Meskipun daya redam suara tidak semaksimal bahan lain, tetapi untuk gedung kecil masih sangat layak dijadikan pilihan. Selain itu, busa telur ini juga mudah dicari, harganya terjangkau dan cara pemasangannya sangatlah mudah.

5.     Softboard

Bahan softboard sangat cocok untuk gedung-gedung pemerintahan yang di setiap ruangannya harus memiliki privasi. Softboard ini dikenal sebagai bahan peredam suara gedung dengan daya redam yang baik, sehingga mencegah kebocoran suara hingga ke luar ruangan.

Softboard dibuat dari material polyester softboard dengan tebal 12 mm, panjang 240 cm dan lebarnya 60 cm. Selain mampu meredam suara, softboard juga dapat meredam pantulan gema, sehingga suara di dalam ruangan akan terdengar jelas.

Cara Memasang Peredam Suara dalam Gedung

Pemasangan peredam suara di setiap bangunan atau ruangan pasti menerapkan cara yang sama, termasuk untuk sebuah gedung. Berikut langkah yang harus dilakukan:

  1. Memilih bahan utama peredam suara
  2. Menyiapkan bahan pelengkap (gypsum board dan karpet tipis/ wallpaper/ kain)
  3. Pembersihan dinding dari debu agar bahan peredam bisa menempel sempurna
  4. Pembuatan sekat dari aluminium dan kayu
  5. Penempelan bahan utama peredam suara ke dalam sekat
  6. Menambahkan gypsum board dan karpet tipis/ wallpaper/ kain (sebagai lapisan terluar)
  7. Penambahan lapisan peredam (opsional sesuai keinginan, diletakkan sebelum karpet)

Guna memberikan kenyaman untuk setiap orang yang berkegiatan di sebuah gedung, maka tidak mengherankan jika setiap ruangan dilapisi peredam bunyi. Fungsi alat ini agar kegiatan dalam gedung bisa berjalan dengan lancar karena tidak adanya kebisingan yang mengganggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Suite 3058, Mula by Galeria Jakarta, Cilandak Town Square
Jl.T.B Simatupang Kav.17 Rt.02/Rw.01, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan – DKI Jakarta 12430
Telp : 0821 2588 8798

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!