0812 9292 0489 Keunggulan Plafon Akustik untuk Meredam Suara

Kontraktorstudio.comPlafon terdiri dari beragam jenis, namun jika Anda ingin memiliki ruang yang kedap suara, maka sebaiknya memilih menggunakan plafon akustik. Ulasan di bawah ini akan membuat Anda lebih mengenal jenis plafon khusus untuk meredam suara ini.

Jasa-Akustik-Bioskop-karaoke

Mengenal Plafon Akustik

Plafon atau langit-langit akustik merupakan jenis plafon yang terbuat dari serat mineral rockwool ataupun gypsum yang bermotif. Sama seperti plafon pada umumnya, jenis plafon ini juga dipasang di bagian paling atas ruangan dan berfungsi sebagai pembatas atap bangunan dengan ruangan di bawahnya.

Jenis plafon sendiri itu bermacam-macam, hanya saja langit-langit akustik ini punya keunggulan yang berbeda dari jenis plafon pada umumnya. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh jenis plafon ini adalah mampu meredam suara.

Hal tersebut disebabkan karena jenis plafon yang terbuat dari serat mineral rockwool itu dapat menahan suara, sehingga tidak bergema ataupun menimbulkan kebisingan. Bukan hanya itu saja, jenis plafon ini juga cukup bermanfaat untuk menjadikan sebuah ruangan terasa lebih sejuk.

Plafon jenis ini memang lebih mampu dalam menahan panas yang berasal dari sinar matahari. Oleh sebab itu, sinar matahari tidak akan mudah menembus atas dan masuk ke dalam ruangan tersebut. Ruangan yang dipasangi jenis plafon ini juga akan terlihat lebih indah.

Keindahan ruangan tercipta sebab plafon jenis ini tersedia dalam beragam pola dan motif menarik, sehingga tampilan bagian atas rumah akan terlihat lebih indah. Umumnya, jenis plafon ini terdiri dari 2 macam ukuran yaitu 60 cm x 60 cm dan 120 cm x 60 cm.

Sementara itu, untuk ketebalannya di pasaran jenis plafon ini tersedia dalam berbagai macam pilihan, mulai yang paling tipis 9 mm hingga paling tebal sekitar 15 mm. Harga plafon jenis ini terbilang masih cukup terjangkau karena masih di bawah Rp. 100.000,- per lembarnya.

Keunggulan Plafon Jenis Akustik

Plafon dibutuhkan dalam pembangunan rumah sebab berguna untuk membatasi antara bagian atap rumah dengan ruangan. Kehadiran plafon juga bisa berfungsi untuk tempat menyembunyikan kumpulan kabel listrik yang semrawut, sehingga mengurangi keindahan tampilan sebuah rumah. 

Di antara sekian banyak jenis plafon yang tersedia di pasaran, plafon jenis akustik memiliki cukup banyak keunggulan dibanding jenis plafon lainnya. Beberapa keunggulan plafon jenis akustik di antaranya seperti:

1.     Proses Pemasangan Cukup Mudah

Memasang plafon jenis ini cukup mudah, sebab dapat dipasang baik di rangka yang terbuat dari kayu ataupun rangka dari bahan metal. Proses pemasangan yang mudah ini berarti membutuhkan waktu pemasangan yang cukup cepat, sehingga biaya pemasangan juga tidak akan membengkak.

2.     Lebih Lentur dan Memiliki Bobot yang Ringan

Bahan plafon jenis ini terbilang lebih lentur dan ringan daripada jenis plafon lainnya. Hal tersebut membuat proses pemasangan plafon akan lebih mudah dan cepat dengan hasil yang maksimal. Plafon jenis ini juga terbilang lebih mudah untuk dibersihkan

3.     Pemasangan Dapat Disesuaikan dengan Luas Ruangan

Pemasangan plafon jenis ini bisa disesuaikan dengan luas ruangan, baik itu ruangan yang berukuran sempit ataupun lebar. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan plafon jenis akustik ini untuk ruangan-ruangan dalam rumah.

4.     Meredam Suara

Keunggulan utama plafon jenis akustik ini adalah kemampuannya dalam melakukan peredaman suara. Apabila Anda ingin ruangan yang sifatnya lebih privasi dan terhindar dari kebisingan dari luar ruangan, maka sebaiknya pilihlah jenis plafon ini.

5.     Tahan Lama

Jenis plafon ini juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang terbilang sangat lama. Hal tersebut disebabkan karena plafon ini merupakan jenis plafon yang anti karat. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir jika plafon ini akan berkarat dan kemudian malah merusak keindahan ruangan tersebut.

6.     Suasana Ruangan Menjadi Lebih Nyaman

Suasana ruangan yang dipasangi plafon jenis akustik ini akan terasa lebih nyaman. Hal tersebut disebabkan karena serat mineral rockwool yang menjadi bahan dasar pembuatan plafon ini bisa menahan panas ketika sinar matahari sangat terik di siang hari.

Jenis plafon ini tidak akan meneruskan panas ke dalam ruangan. Selain itu, saat hujan deras Anda juga tidak akan terganggu dengan suara derasnya hujan yang biasanya memang sangat mengganggu.

Kekurangan Plafon Jenis Akustik

1.     Sulit Didapatkan

Plafon jenis akustik ini masih cukup jarang untuk didapatkan di daerah tertentu, sebab untuk saat ini biasanya hanya tersedia di kota-kota besar saja.

2.     Harga

Harga plafon jenis akustik ini belum tersedia yang sangat murah, sebab rata-rata harganya masih di kisaran Rp. 60.000,- hingga lebih dari Rp. 100.000,- per lembarnya.

3.     Tidak Tahan Air

Walau anti karat, namun jenis plafon ini tidak tahan air. Maka dari itu sebelum dipasang, pastikan bahwa atap rumah dalam keadaan bagus dan tidak bocor.

Menggunakan plafon akustik bukan hanya membuat sebuah ruangan terhindar dari kebisingan yang berasal dari luar, namun juga bisa membuat ruangan tersebut terasa lebih nyaman. Pasalnya, selain kedap suara, jenis plafon ini juga mampu menciptakan suasana ruangan yang lebih sejuk.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Suite 3058, Mula by Galeria Jakarta, Cilandak Town Square
Jl.T.B Simatupang Kav.17 Rt.02/Rw.01, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan – DKI Jakarta 12430
Telp : 0821 2588 8798

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!