0812 9292 0489 Kontraktor Home Theater Terbaik dan Berkualitas

Kontraktorstudio.comKeberadaan home theater berkualitas di rumah tentu sangat menyenangkan, karena Anda dapat menikmati pertunjukkan film, drama, ataupun musik bersama keluarga dan orang terdekat saja. Namun, untuk dapat menghadirkan pengalaman terbaik menikmati bioskop di rumah, tentu harus disertai persiapan matang.

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika membuat Home Theater Berkualitas di dalam rumah, mulai dari penataan ruang, pemilihan furniture, hingga tidak kalah penting adalah faktor akustika ruangan. Seperti yang kita ketahui bahwa bioskop memiliki penataan suara yang sangat baik, agar suara tidak bocor keluar.

arsitektural akustik
peredam ruangan

Syarat Penting Membuat Home Theater yang Baik

1. Ruangan Harus Kedap Suara

Agar dapat tercipta Home Theater Berkualitas dalam rumah yang baik, maka faktor kekedapan suara adalah salah satu faktor terpenting. Ruangan yang kedap suara memungkinkan orang di dalamnya menikmati pertunjukan, tanpa khawatir suara dari lingkungan luar bocor ke dalam ruangan.

Tentu tidak nyaman bukan saat sedang serius menonton pertunjukan, tiba-tiba kita dikejutkan oleh suara berisik pembangunan rumah. Selain takut suara dari luar bocor ke dalam ruangan, kita juga perlu memikirkan suara dari dalam bioskop rumah bocor ke luar.

Tentunya akan sangat mengganggu orang di sekitar jika suara sampai bocor ke luar. Untuk mencegah terjadinya kebocoran suara, maka Anda perlu memasang material kedap suara, seperti kayu medium density fiberboard (MDF), kayu high pressure lamin (HPL), serta papan gypsum dengan kualitas terbaik.

Apabila ruangan bioskop Anda dibangun menggunakan kerangka beton, maka sebenarnya ruangan sudah cukup kedap suara karena beton memiliki densitas yang tinggi. Namun, akan lebih baik apabila ditambahkan plywood, karpet, dan parket, terutama di area sound system, tembok belakang, dan samping.

2. Ruangan Tidak Bergema

Selain sifat ruangan yang harus kedap suara, ruangan untuk bioskop di rumah juga harus terhindar dari gema. Nah, gema terjadi karena adanya pemantulan suara di dalam ruang yang akan mendistorsi suara dan mengganggu pengalaman menikmati pertunjukan Anda.

Oleh karenanya, Anda perlu memasang material yang memiliki kemampuan penyerapan suara agar suara tidak bergema di seantero ruangan. Anda harus menggabungkan material kedap suara dengan material penyerap suara agar dihasilkan ruangan dengan audio yang baik.

Material rockwool memiliki kemampuan penyerapan suara yang optimal. Kelebihan lain dari rockwool adalah harganya murah serta tersedia dalam bentuk roll dan lembaran di pasaran. Kekurangan rockwool adalah sifatnya yang kurang tahan lama, sehingga harus sering diganti.

3. Faktor Audio Visual

Faktor audio visual meliputi ketajaman gambar serta kualitas suara yang dihasilkan. Aspek audio visual sendiri merupakan aspek yang sangat penting, bahkan salah satu aspek utama agar tercipta bioskop di rumah yang berkualitas.

Ada banyak pilihan televisi di pasaran dengan ukuran layar yang bervariasi, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Jika ingin layar yang lebih besar, maka Anda bisa menggunakan proyektor, sehingga kesan bioskop lebih terasa.

4. Aspek Pencahayaan

Aspek pencahayaan juga harus Anda perhatikan karena berpengaruh terhadap kenyamanan saat menikmati pertunjukan. Sebaiknya pilih lampu downlight yang termasuk ke dalam jenis lampu flat untuk penerang ruangan. Jika memungkinkan, aplikasikan dimmer agar intensitas cahaya dapat diatur.

Jangan menggunakan lampu ukuran besar seperti lampu gantung pada bioskop di rumah, karena akan mengganggu pendengaran dengan menciptakan distorsi gelombang suara. Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan jendela karena dapat mengganggu pencahayaan dan juga suara yang ada.

Pencahayaan yang berlebih yang berasal dari pancaran sinar matahari akan membuat layar kurang jelas dan seolah redup. Sementara itu, kaca jendela akan dapat menimbulkan distorsi pada suara karena sifatnya yang memantulkan suara.

5. Furniture yang Nyaman

Umumnya, teater rumah akan menggunakan sofa sebagai pilihan tempat duduk dan bersantai. Sofa sangat tepat dipilih untuk ruangan yang berukuran kecil. Namun apabila ruangan bioskop di rumah Anda besar, maka Anda juga bisa mengaplikasikan reclining seat agar sensasi bioskop lebih terasa.

Syarat Material Kedap Suara untuk Home Theater

Tidak semua material dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat ruangan kedap suara. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh material, agar bisa bekerja untuk menyerap suara dan membuat ruangan kedap suara.

Syarat utama adalah material tersebut tidak memiliki kemampuan menghantarkan energi mekanik suara. Dengan begitu, ketika terpapar suara dengan frekuensi tertentu, material tersebut tidak bergetar dan meloloskan suara saat dilewati gelombang energi suara.

ruang kedap suara

Umumnya material hanya bekerja optimal untuk menyaring suara pada frekuensi tertentu saja. Dengan demikian, dibutuhkan kombinasi beberapa material agar penyaringan suara dapat bekerja di semua rentang frekuensi suara, mulai dari rendah, sedang, hingga frekuensi tinggi.

Dengan penataan ruang serta audio visual yang baik, bioskop di rumah Anda tentu tidak akan kalah dibandingkan bioskop yang ada di pusat perbelanjaan dan sebagainya. Lakukan perencanaan dengan cermat, terutama terkait penggunaan material kedap suara dan penyerap suara di dalam ruangan.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!