0812 9292 0489 Penerapan Peredam Plafon Gedung Bioskop

Kontraktorstudio.comBioskop menjadi salah satu tempat rekreasi wajib untuk melepas penat. Melalui tontonan yang selalu diperbaharui, kenyamanan ketika menonton merupakan faktor penting yang tidak boleh dilupakan. Begitu pula dengan peredam plafon gedung bioskop yang memaksimalkan penerimaan suara dari film.

Infrastruktur ruang bioskop yang optimal tidak akan memberikan pengalaman kebisingan saat menonton. Untuk itu, bioskop harus memanfaatkan strategi dalam ruangan yang tepat, supaya tidak terjadi kebocoran suara antar ruangan.

Seberapa Penting Pemasangan Peredam pada Gedung Bioskop?

Tentu hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Coba bayangkan, apa jadinya kalau masing-masing ruangan di dalam gedung menonjolkan suara film dan setiap hasil dari bunyi berkejar-kejaran? Tentu tidak nyaman, bukan?

Maka, berikut rangkuman pentingnya pemasangan peredam suara, terutama bagi gedung bioskop:

Jasa-Pemasangan-Peredam-Suara-Studio-Musik-mini-bioskop
Jasa-Pasang-Peredam-Ruangan-mini-bioskop

·         Adanya Potensi Kebisingan

Tidak heran, studio bioskop memang menjadi salah satu ruangan yang memiliki ciri khas pemakaian suara berintensitas tinggi. Jika tidak disaring atau dikontrol dengan baik, alhasil timbul kebisingan yang mengganggu di luar studio.

Mengantisipasi hal tersebut, peredam suara pada plafon gedung memang dibutuhkan karena bekerja secara maksimal dalam mengatasi frekuensi suara pengganggu.

·         Demi Kenyamanan Penonton

Kenyamanan adalah prioritas utama ketika menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, sahabat, atau pacar saat berada di dalam bioskop. Tentu Anda tahu kalau setiap studio menayangkan film yang berbeda-beda setiap jadwalnya.

Adanya kebocoran dan noise dari setiap studio akibat ketiadaan peredam akan menghasilkan suara yang bertabrakan. Hal ini mudah mengganggu konsentrasi dan rasa nyaman penonton ketika harus mengikuti jalan cerita dari sebuah film.

·         Mengurangi Gema di Dalam Studio

Gema bisa terjadi karena tingginya level noise di dalam studio bioskop. Jika tidak terpasang peredam pada bagian plafonnya, terasa sulit untuk fokus menonton film akibat efek suara yang ditimbulkan. Dialog dari cerita kurang terdengar dengan jelas.

Setiap sound effect pada film harus bisa dicerna dengan baik oleh audiens. Salah satu caranya adalah memasang peredam supaya gema atau echo tidak mengganggu jalannya pemutaran film kapan saja.

Tips Memasang Peredam Plafon Gedung Bioskop

Berikut beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ketika memutuskan untuk mengaplikasikan peredam pada gedung bioskop, terutama pada bagian plafonnya:

1.     Pilihan Material Harus Tepat

Busa telur atau pyramid menjadi pilihan bahan yang hanya bekerja untuk menghindari terjadinya gema pada studio bioskop. Keduanya cenderung kurang efektif ketika dimanfaatkan sebagai peredam suara yang dipakai jangka panjang.

Untuk itu, sebaiknya pertimbangkan penggunaan material yang diperkaya dengan densitas tinggi, seperti rockwool. Pemilihan material dengan strategi yang tepat akan berujung pada peredaman ruangan paling efektif dan optimal.

2.     Perhatikan Kondisi di Dalam Gedung

Sebelum peredam suara dipasang, ada baiknya Anda periksa terlebih dahulu bagian-bagian tertentu sesuai kebutuhan. Perbaiki terlebih dahulu keretakan yang terjadi supaya tidak menimbulkan masalah serius di masa depan.

Perlu diketahui, sebagian orang atau pihak jasa menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa dan tidak perlu diperhatikan. Namun, apabila dibiarkan saja hanya akan membawa kinerja yang tidak maksimal pada setiap lapisan materialnya.

3.     Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

Gedung bioskop memang dirancang secara khusus untuk memenuhi kapasitas penonton dengan jumlah yang cukup banyak. Selama masa penayangan berlangsung, gedung bioskop sudah pasti menggunakan suara berintensitas tinggi.

Umumnya, ruangan yang cenderung kecil mudah menimbulkan masalah tertentu. Frekuensi suara atau hasil kebisingan lebih mudah terdengar keluar. Hal ini tentu mengganggu banyak pihak, apalagi jika beberapa orang berada di dekat gedung bioskop yang sedang tayang.

peredam ruangan

4.     Jendela Memang Tidak Dibutuhkan untuk Gedung

Pemakaian jendela bukanlah cara paling maksimal dalam meredam suara pada gedung bioskop. Hal inilah yang menyebabkan Anda tidak pernah menemukan jendela di setiap ruangan pada gedung. Jendela bisa menjadi salah satu penyebab kebocoran bising dan mudah mengganggu banyak orang.

Bagaimana Pemasangan yang Peredam yang Tepat?

Sebagai salah satu lokasi favorit bagi orang banyak, diperlukan penanganan yang tepat untuk memasang alat peredam yang efisien. Ada kesalahan dalam pemasangan hanya akan menghasilkan kinerja tidak maksimal serta buang-buang tenaga, waktu, pikiran, dan biaya.

Untuk itu pastikan Anda sudah memperhatikan hal-hal berikut:

  • Persempit pilihan bahan peredam antara glasswool atau rockwool
  • Jangan lupa untuk membenahi masalah atau kebersihan pada area pemasangan supaya tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan
  • Selain membersihkan kotorannya, pastikan area pemasangan tetap kering
  • Seluruh bagian permukaan dari material harus bisa menempel dengan baik menggunakan perekat yang kuat dan kokoh
  • Cocokkan dengan interior ruangan dalam mendukung kenyamanan para penonton
  • Lakukan testing secara bertahap dan menyeluruh untuk memastikan bahwa peredam bekerja dengan baik

Peredam plafon gedung bioskop harus Anda persiapkan dan dipasang secara matang supaya dapat berfungsi dengan optimal. Hal ini merupakan sebuah kewajiban bagi setiap studio bioskop untuk memberikan pengalaman menonton yang nyaman dan memuaskan para audiens.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

Copyright 2024 © kontraktorstudio.com All rights Reserved.
error: Content is protected !!