0812 9292 0489 Spesialis Akustik Kenyamanan Audio Terbaik dan Berkualitas di Kelasnya

Kontraktorstudio.comPenataan akustik kenyamanan audio menjadi hal penting yang perlu dilakukan guna mengurangi suara sampai limit tertentu. Hal ini bertujuan agar suara-suara yang tidak dibutuhkan, tidak akan mengganggu kegiatan di dalam ruangan tersebut.

Misalnya, studio, gedung konferensi, ruang meeting, home theater, studio dubbing, dan sebagainya. Guna menjadikan penataan akustik ruangan-ruangan tersebut kian nyaman, maka Anda perlu membuatnya kedap dengan memanfaatkan teknik dan material tertentu.

Menjadikan Akustik Audio Kian Nyaman

Untuk menjadikan penataan akustik audio semakin nyaman, maka Anda perlu kombinasi pemblokan suara dengan menggunakan sejumlah material peredam. Contohnya, rockwool, busa peredam, hardboard, dan sebagainya.

Penggunaan material-material peredam bukan hanya sekedar untuk menjadikan ruangan kedap saja, melainkan juga agar suara di dalam ruangan bisa kian bagus dan halus. Anda juga bisa bisa menambahkan pemakaian diffuser agar suara di dalam ruangan bisa terdengan lebih merata dan sempurna.

Pastikan Anda telah memasang material-material peredam ke lokasi atau titik yang tepat. Untuk itu, perencanaan ruang perlu benar-benar perlu direncanakan dengan matang dan terstruktur. Jangan sampai ruangan Anda justru mubazir hanya karena penataan akustik yang kurang baik.

Jika masih merasa bingung perihal penataan akustik, Anda juga dapat berkonsultasi dengan para ahli. Tiap-tiap gedung tentunya memiliki sistem tata akustik yang berbeda, sesuai dengan kapasitas volume bangunan tersebut.

Treatment untuk Akustik Kenyamanan Audio

Ketika membangun gedung, home theater, ballroom, dan bangunan lainnya tanpa memperhatikan treatment akustik, maka tindakan tersebut terbilang kurang baik. Suara sejatinya merupakan objek yang bergerak. Jadi, sebelum suara datang ke telinga Anda tentu perlu melewati seisi ruangan terlebih dahulu.

Hal tersebut memberikan fakta bahwa suara yang telah terdengar oleh telinga Anda merupakan perpaduan direct sound speaker dengan suatu refleksi indirect sound. Ini akan menyebabkan adanya distorsi akustik. Macam-macam kelakuan bunyi yang ada di dalam ruangan tertutup di antaranya:

  1. Bunyi pantul
  2. Bunyi datang
  3. Bunyi yang diserap
  4. Bunyi difraksi
  5. Bunyi difus
  6. Bunyi yang hilang di dalam suatu struktur bangunan
  7. Bunyi yang dilakukan proses transmisi
  8. Bunyi yang akan dirambatkan

Oleh karena itu, perlu dilakukan treatment akustik. Untuk mendesain akustik audio ruangan dengan nyaman, maka Anda perlu menerapkan beberapa tips. Kiranya bisa membuat akustik ruangan kian nyaman:  

  1. Menggunakan material penutup dinding
  2. Membentuk dinding dengan langit-langit sedemikian rupa
  3. Memperhatikan tekstur permukaan dinding
  4. Mengatur perlengkapan tata audio

Dinding dan langit-langit merupakan bidang massive yang dapat memantulkan suara, apabila tidak ditemukan material yang dapat melakukan penyerapan gelombang suara. Jadi, dengan menempatkan material peredam suara pada hal ini, bisa menghindari adanya suara pantulan langsung.

Suara pantulan mampu mengaburkan kedatangan suara langsung. Fakta inilah yang menyebabkan Anda perlu melakukan penataan akustik di dalam ruangan. Terlebih jika Anda ingin memaksimalkan fungsi ruangan.

Macam-Macam Bahan untuk Optimalisasi Akustik Ruangan

Bahan untuk mengoptimalkan akustik audio di dalam ruangan sangat beragam. Bahkan bahan-bahan tersebut sangat mudah dijumpai dan bisa langsung diterapkan di ruangan yang Anda inginkan. Macam-macam bahan tersebut di antaranya:

1.     Gypsum

Gypsum menjadi material paling umum untuk konstruksi dinding, plafon, partisi, hingga penyekat ruangan. Material ini terbuat dari perpaduan kertas dengan ketebalan mencapai 15 mm. Gypsum bisa dipakai untuk treatment kekedapan suara agar suara dari luar tidak masuk ke dalam ruangan.

2.     Glasswool

Material glasswool sangat ampuh untuk menyerap suara dengan frekuensi yang cukup tinggi. Bentuknya juga sangat bervariasi, seperti K16, K24, dan ukuran lain yang lebih besar. Semakin tinggi tingkat kerapatan glasswool, maka semakin bagus pula penyerapan suaranya.

3.     Medium Density Fiber

Material MDF bermanfaat guna melakukan penyerapan bunyi dengan frekuensi rendah. Material ini merupakan kebalikan dari glasswool. Material MDF dapat dilubangi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya.

4.     Triplek

Bahan yang bisa digunakan sebagai penyekat ruangan dan plafon ini juga dapat dimanfaatkan untuk peredam suara di dalam ruangan. Umumnya, material triplek ampuh untuk menyerap bunyi-bunyian dengan frekuensi rendah.

5.     Diffuser

Material diffuser merupakan semacam papan penyebaran suara yang memiliki kemampuan guna menyebarkan suara secara seragam. Material ini juga dibuat dengan menerapkan prinsip serta rumus perhitungan tertentu.

Diffuser biasa diletakkan pada dinding ruangan, khususnya bagian belakang. Sementara itu, bagian dinding depan bisa diberikan speaker yang dikelilingi oleh absorber. Terdapat banyak varian diffuser seperti berikut:

  • Primitive Root
  • 2D Quadratic Residue Diffuser
  • 1D Quadratic Residue Diffuser
  • Geometric Diffuser
  • Binary Amplitude Grating

Di dalam internal gedung seperti home theater, gedung konferensi, ruang musik, studio rekaman, gedung pertunjukkan, dan sebagainya, akustik kenyamanan audio sangat penting diperhatikan. Hal ini agar segala acara yang berlangsung di dalamnya bisa terus berjalan dengan lancar dan terasa nyaman.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!