0812 9292 0489 Tempat Bikin Akustik Bioskop Terbaik dan Berkualitas

Kontraktorstudio.comPemutaran film di bioskop tentu lebih menarik ketimbang di televisi. Bioskop  mampu menampilkan detail view maupun suara yang sangat bagus. Untuk mendukung optimalnya fungsi bioskop, maka ruangan ini memerlukan tata akustik terbaik. Akustik bioskop bisa menjadikan acara nonton film Anda kian seru.

Seperti yang umum diketahui bahwa film adalah jenis media audio-visual.  Saat diputar di bioskop, maka komposisi audio dan visual masing-masing memiliki porsi 50%. Agar pemutaran film di dalam bioskop dapat berjalan dengan baik, maka tidak hanya perlu melakukan penataan cahaya saja melainkan juga akustik.

Jasa-Pembuat-Peredam-Suara-mini-bioskop
Tukang-Buat-Kedap-Suara-mini-bioskop

Pentingnya Tata Akustik di Bioskop

Tata akustik di bioskop merupakan hal yang sangat penting. Anda perlu benar-benar memperhatikan sistem penataan akustik di dalam tempat pemutaran film ini agar bisa berjalan dengan semestinya. Dalam hal ini, peran perancang interior bioskop sangat dibutuhkan.

Perancang interior bioskop perlu menciptakan kualitas akustik yang berkarakter. Umumnya kriteria semacam ini ditentukan oleh beberapa faktor di antaranya dimensi ruang hingga denak ruangan. Kedua faktor tersebut bisa menjadi parameter yang subjektif sekaligus obyektif untuk tata akustik ruangan.

Parameter objektif tentu bisa dilihat secara konkret dan begitu nyata. Sementara itu, parameter subyektif menjadi tolak ukur yang lebih dominan dalam tata akustik ruang bioskop. Parameter ini meliputi liveness, intimacy, direct arrivals, fullness of tone, overall impressions, dan diffussions.

Dengan mencukupi seluruh parameter tersebut, maka akan terciptalah tata akustik ruang bioskop yang ideal. Penonton akan senang dan nyaman saat berada di dalam ruangan untuk menghabiskan waktu dengan menyaksikan tayangan populer pilihannya.

Parameter Tata Akustik Bioskop Ideal

Terdapat enam macam parameter yang menjadikan penataan akustik di dalam bioskop ideal. Tentunya ini penting demi mewujudkan sebuah ruangan menonton film yang nyaman, asyik, dan seru. Lalu, apa sajakah parameter tersebut?

1.     Liveness

Bagian dari parameter subjektif ini akan menjadikan gelombang suara terdengar kian hidup. Liveness begitu dipengaruhi oleh waktu dengung. Jadi, ketika waktu dengung di dalam ruangan berlangsung semakin lama, maka ruangan tersebut akan terasa semakin hidup.

Dengan kata lain, seolah-olah ruangan tersebut akan menyuarakan ulang gelombang suara. Anda tentu pernah mendengar hal semacam ini saat pergi ke bioskop. Hanya saja karena ini merupakan penyuaraan ulang, maka suaranya akan terdengar sedikit buram.

2.     Intimacy

Parameter intimacy merupakan suatu bentuk impresi yang ada dalam kualitas bunyi, sehingga seakan-akan sumber bunyi tersebut berada di dekat pendengar. Hal ini juga sering disebut sebagai presence. Jadi, dimanapun orang-orang duduk, maka tidak akan merasakan adanya penundaan suara.

Banyak pasang telinga penonton film bioskop akan mampu merasakan dengan baik sumber suara. Jika Anda sering menonton di bioskop tentu selalu merasakan hal ini. Lain halnya dengan menonton film di televisi, tidak jarang Anda harus membesarkan volume untuk lebih menikmati film.

3.     Direct Arrivals

Direct arrivals akan menunjukkan sebagus apa suara yang dapat diterima oleh pendengar secara langsung. Maksudnya sejauh apa suara yang dihasilkan dapat didengar dengan baik oleh telinga penonton tanpa adanya pemantulan maupun tabrakan.

Pada ruang bioskop kursi penonton pada bagian belakang dibuat menanjak. Dengan demikian, penonton yang duduk di deretan kursi tersebut tetap dapat mendengar dengan jelas. Hal ini tentu saja karena penempatan sound speaker di langit-langit bioskop.

4.     Fullness of Tone

Parameter ini berkaitan erat dengan mutu bunyi yang dihasilkan oleh sejumlah instrumen musik secara bagus dan memuaskan. Mutu bunyi dalam parameter fullness of tone dipengaruhi sekali oleh waktu dengung.

Maka dari itu, bioskop yang telah mencukupi parameter ini akan mempunyai keseimbangan antara bright dan warm. Dengan begini, maka suara cempreng dan sumbang tidak akan terdengar di dalam bioskop. Penonton bisa terus menikmati film bioskop dengan sangat nyaman.

tempat-Jual-Beli-Peredam-Suara-mini-bioskop
Jasa-Pasang-Peredam-Ruangan-mini-bioskop

5.     Diffusions

Diffusions atau yang juga familiar dengan istilah spaciousness lebih merujuk kepada kriteria suara, dimana seakan-akan mampu meliputi seisi ruangan secara merata. Maksudnya, seluruh penonton film di dalam bioskop tetap bisa mendengar suara tayangan dengan sangat baik dari sudut kursi manapun.

Diffusions dapat terjadi karena ruangan bioskop menempatkan absorber serta reflector pada posisi yang pas. Bukan hanya itu saja, jumlah absorber dan reflektor juga cukup, sehingga mampu mengendalikan suara di dalam ruangan dengan sangat baik.

6.     Overall Impressions

Parameter ini sebetulnya lebih dikenal dengan penilaian rata-rata yang diperoleh dari seluruh parameter penting di atas. Overall impressions yang bagus meliputi tiga aspek penting, seperti  bebas echoe, tidak ada resonance, dan tanpa adanya sedikit pun external noise.

Untuk mencukupi parameter ini, maka Anda perlu menempatkan sejumlah material penyerap suara. Material tersebut dapat Anda letakkan pada sisi dinding maupun menggantungnya di udara. Material ini akan bekerja dengan efisien saat ada pada frekuensi tinggi.

Akustik bioskop merupakan bagian yang sangat krusial dan perlu benar-benar diperhatikan dalam pembangunan ruang menonton film ini. Tingkat pentingnya sama dengan penataan cahaya. Adanya penataan akustik yang bagus, tentu akan menjadikan penonton puas saat menonton film di tempat ini.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

Copyright 2024 © kontraktorstudio.com All rights Reserved.
error: Content is protected !!