0812 9292 0489 Tempat Spesialis Akustik Kebisingan Industri Terbaik dan Berkualitas

Kontraktorstudio.comKebisingan menjadi gangguan yang sangat berpotensi untuk mengurangi kenyamanan serta kesehatan bagi pelaku industri. Bahkan kebisingan bisa menyebabkan gangguan pada komunikasi. Untuk itu, diperlukan adanya akustik kebisingan industri.

Adanya penataan akustik yang baik dalam lingkungan industri, maka hal ini bisa mengendalikan kebisingan. Dengan demikian, maka seluruh kegiatan yang berlangsung dalam lingkup industri bisa berjalan dengan semestinya.

Efek Kebisingan di Lingkungan Industri

Kebisingan di lingkungan industri adalah suara atau bunyi-bunyian yang muncul dari berbagai alat produksi. Kebisingan tersebut bukan hanya berpengaruh pada operator kendaraan dan mesin saja, melainkan juga orang-orang yang berada di dalam lingkungan tersebut.

Kebisingan tidak hanya mengganggu aktivitas saja melainkan juga mampu mengganggu kesehatan banyak orang. Khususnya masalah pendengaran, kebisingan bisa menyebabkan gangguan telinga mulai dari skala ringan hingga berat. Beberapa efek dari kebisingan yang ada dalam lingkup industri ialah:

1.     Efek Psikologis

Kebisingan bisa memberikan efek psikologis bagi banyak pendengar yang ada dalam lingkungan industri tersebut. Beberapa efek psikologis yang bisa ditimbulkan di antaranya gangguan ketenangan, kekacauan konsentrasi, serta menyebabkan kaget.

2.     Efek Fisik

Ternyata kebisingan juga dapat menyebabkan dampak fisik bagi pendengarnya. Efek fisik yang disebabkan oleh kebisingan di dalam lingkup kerja, di antaranya rasa sakit pada telinga hingga penurunan kemampuan untuk mendengar.

3.     Efek Komunikasi

Tidak hanya menyebabkan dampak psikologis dan fisik saja, kebisingan juga bisa memberikan gangguan pada komunikasi. Kebisingan bisa mengintervensi hasil serta keselamatan kerja dari seluruh orang yang ada dalam lingkup industri tersebut.

Macam-Macam Kebisingan Industri

Tahukah Anda bahwa kebisingan yang ada dalam lingkungan industri merupakan perpaduan dari berbagai macam elemen sumber suara? Kebisingan tersebut dapat dikategorikan ke dalam berbagai macam bentuk seperti berikut:

1.     Fluid Turbulence

Bentuk kebisingan ini bersumber dari getaran yang disebabkan oleh adanya benturan antar partikel tertentu di dalam fluida. Umumnya fluid turbulence terjadi pada sejumlah peralatan industri, seperti valve, pipa, hingga gas exhaust.

2.     Electrical Equipment

Kebisingan electrical equipment terjadi karena adanya efek terhadap perubahan fluks elektromagnetik pada sisi inti. Sisi inti tersebut terbuat dari logam tertentu, misalnya motor listrik, generator, serta transformator.

3.     Moving and Vibration Part

Moving and vibration part merupakan kebisingan dalam lingkungan industri yang terjadi karena gesekan, ketidakseimbangan dari gesekan bagian serta benturan. Secara umum benda-benda yang bisa memicu kebisingan ini di antaranya transformator, generator, dan motor listrik.

4.     Temperature Difference

kebisingan temperature difference diakibatkan adanya pemuaian serta penyusutan fluida. Dalam lingkungan industri benda yang paling sering memicu temperature difference ialah mesin jet pesawat. Mesin ini tentu sangat familiar dalam lingkungan pabrik.

Pengendalian Akustik Kebisingan Industri

Industri yang menyebabkan kebisingan perlu melakukan pengendalian terbaik. Ada begitu banyak cara untuk mengendalikan kebisingan di dalam lingkup industri. Adapun cara mengendalikan kebisingan tersebut terbagi menjadi tiga kategori.

1.     Kontrol Sumber Bising

Cara pertama untuk mengendalikan kebisingan ialah dengan melakukan kontrol terhadap sumber bising. Anda bisa mengurangi serta menghilangkan tingkat kebisingan yang ditimbulkan. Anda dapat memulainya dengan menciptakan berbagai macam mesin industri dengan tingkat kebisingan rendah.

Selain itu, Anda juga dapat menempatkan sumber kebisingan pada lokasi yang cukup berjauhan dengan pendengar termasuk manusia serta wilayah hunian. Lakukan juga penutupan sumber kebisingan untuk memaksimalkan kontrol.

2.     Kontrol Medium Kebisingan

Berikutnya Anda bisa mengontrol medium kebisingan. Lakukan penghalangan bising pada jalur propagasi atau jejak medium. Jalur propagasi terdiri dari dua jalur, yakni propagasi melalui medium udara dan struktur permukaan bangunan.

Propagasi melalui medium struktur permukaan bangunan ternyata lebih kompleks ketimbang menggunakan medium udara. Adapun kontrol medium kebisingan bisa dilakukan dengan cara perancang penghalang akustik, serta melakukan pemutusan jalur getaran dengan vibration absorber.

3.     Kontrol Penerima Kebisingan

Lakukan juga kontrol penerima kebisingan untuk mengendalikan kebisingan industri. Upayakan pemberian perlindungan terhadap pendengaran manusia yang ada dalam lingkungan tersebut. Terutama bagi orang-orang yang terkena paparan kebisingan dalam rentang waktu lama serta berintensitas tinggi.

Terlebih mengingat bahwa standar tingkat kebisingan di lingkungan industri adalah 85 dBA. Adapun cara untuk mengendalikan kebisingan dalam lingkungan industri, di antaranya menerapkan pemakaian pelindung telinga hingga mengatur waktu kerja yang ideal.

Pelindung telinga yang dimaksud untuk mengendalikan bising di antaranya ear muff dan ear plug. Kiranya dengan mengoptimalkan penggunaan pelindung telinga serta memberikan jatah waktu kerja ideal, maka akan mampu mengurangi kebisingan industri.

Akustik kebisingan industri ternyata tidak cukup sulit dikendalikan. Anda bisa menerapkan banyak cara seperti mengontrol sumber bising, medium, serta penerima bising. Pengendalian kebisingan yang baik akan mampu untuk mengurangi efek negatif dari kebisingan industri.

Misalnya saj, efek psikologis, fisik, dan komunikasi. Pengendalian kebisingan yang baik dalam dunia industri tentunya akan menjadikan lingkungan tersebut semakin sehat. Tidak ada yang akan merasa dirugikan dengan keberadaan industri tersebut.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!