0812 9292 0489 Tiga Jenis Material Peredam Suara Terbaik untuk Digunakan dalam Ruang Kedap Suara Seminar

Kontraktorstudio.comSeminar adalah aktivitas yang seringkali berlangsung baik itu dalam dunia perkuliahan ataupun dunia kerja. Seminar itu biasanya dilakukan di sebuah ruang tertutup. Hal tersebut disebabkan karena ruang tertutup merupakan tempat ideal apalagi jika ruangan itu termasuk ruang kedap suara seminar.

Ruang kedap suara yang digunakan untuk kegiatan seminar tersebut bertujuan agar proses seminar bisa berlangsung dengan lancar tanpa adanya gangguan suara dari luar. Suara yang berasal dari luar apalagi suara yang terlalu berisik dan bising dapat mengganggu proses berlangsungnya seminar.

Jenis Material Peredam Suara yang dalam Ruang Kedap Suara Seminar

1.      Rockwool

Rockwool merupakan jenis material peredam suara yang dibuat dari serat mineral. Penggunaan material ini bukan hanya bisa menyerap suara yang berisik namun juga mampu menyerap panas. Oleh sebab itu sangat cocok bila sebuah ruang seminar menggunakan rockwool untuk peredam suara.

2.      Glasswool

Sesuai namanya, glasswool ini merupakan salah satu jenis material yang terbuat dari fiberglass. Walaupun terbuat dari bahan fiberglass namun tekstur material memiliki kepadatan 25-75 g/cm3 ini terbilang lembut seperti bulu domba.

Glasswool umumnya dijual dengan ketebalan yang bervariasi, mulai dari 25 mm hingga 50 mm. Harga glasswool jika dibanding material peredam suara lainnya terbilang cukup murah. Selain itu, material ini juga bukan hanya mampu menyerap suara namun juga memiliki kemampuan untuk menyerap panas.

3.      Busa atau Foam

Jenis material peredam suara dalam bentuk busa atau foam ini terbuat dari bahan polyurethane foam. Umumnya jenis peredam suara busa atau foam ini sering dipakai untuk mengurangi potensi kebisingan mulai dari lingkungan industri hingga studio musik.

Keunggulan busa dibanding material peredam suara lainnya adalah bobotnya yang terbilang sangat ringan. Hal tersebut membuat material busa ini mudah untuk diaplikasikan ke berbagai macam jenis ruangan termasuk dijadikan sebagai material peredam suara untuk ruang seminar.

Peran Peredam Suara untuk Ruangan Seminar

Seminar biasanya dilakukan dengan jumlah peserta mulai dari puluhan hingga ratusan orang. Seminar ada yang skalanya kecil biasanya terjadi di lingkungan pendidikan misal seperti kampus, namun ada pula seminar berskala besar dengan jumlah peserta yang mencapai ratusan orang.

Jumlah peserta yang semakin banyak tentu tingkat kebisingan pun akan naik. Tentunya ruangan yang besar dan dipenuhi ratusan orang membutuhkan sistem suara yang cukup besar. Hal tersebut bertujuan agar mampu menjangkau semua orang di ruangan tersebut untuk bisa mendengar materi seminar.

Percampuran antara suara peserta seminar dengan sistem suara (sound system) yang kuat itu menimbulkan permasalahan yang harus bisa segera diatasi agar seminar bisa berjalan dengan lancar. Masalah yang dimaksud adalah potensi terjadinya kebisingan yang luar biasa di ruangan seminar.

Disitulah peran peredam suara untuk ruangan seminar itu dibutuhkan. Jika di dalam ruang seminar sudah menggunakan peredam suara memadai maka tingkat kebisingan akan mampu diredam. Peredam suara memang solusi paling bagus untuk mengatasi masalah kebisingan suara.

Berkat adanya peredam suara maka berbagai macam kebisingan suara yang terjadi dalam ruangan seminar tidak akan bocor keluar. Hal tersebut tentunya akan membuat pengelola gedung tersebut tidak perlu khawatir suara dalam ruang seminar mengganggu lingkungan sekitar.

Di lain sisi, suara dari luar gedung pun tidak bisa masuk ke ruangan seminar sehingga proses seminar bisa berjalan dengan lebih lancar. Selain itu, peredam suara juga berperan menghilangkan gema sehingga pembicara dan peserta seminar tidak akan terganggu dengan suara gema dalam ruangan.

Prinsip Kerja Peredam Suara untuk Ruangan Seminar

Prinsip kerja peredam suara pada dasarnya menerapkan sistem akustik dalam suatu ruangan. Sistem akustik merupakan sistem penataan bunyi yang mampu menyerap kebisingan suara dalam ruangan tertutup. Sistem akustik juga sekaligus membuat ruangan berubah menjadi ruang kedap suara.

Berbagai material peredam suara itu akan bisa menyerap suara di sebuah ruangan tertutup. Hal tersebut membuat segala macam suara termasuk sound system yang menggelegar sekalipun akan dapat diredam. Suara yang bising tentu akan mengganggu apalagi jika di ruang sebelah juga ada kegiatan.

Selain membuat suara bisa teredam sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar. Pemasangan peredam suara juga bisa menghasilkan suara yang lebih jernih didengar di dalam ruangan tersebut.

Namun untuk mendapatkan segala macam keunggulan peredam suara, maka pemasangan peredam suara harus dilakukan dengan sempurna. Maka dari itu apabila Anda termasuk pengelola gedung yang memiliki ruangan khusus seminar maka perlu sangat memperhatikan pemasangan peredam suara.

Ruang kedap suara seminar membutuhkan pemasangan peredam suara yang menyeluruh baik itu di permukaan dinding, lantai bahkan area langit-langitnya. Namun, pemasangan peredam suara itu juga harus dilakukan dengan rapi dan teliti agar tidak merusak nilai estetika ruangan tersebut.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

Copyright 2024 © kontraktorstudio.com All rights Reserved.
error: Content is protected !!