0812 9292 0489 Tips Pemilihan dan Cara Pemeliharaannya Akustik Treatment Ruangan

Kontraktorstudio.com – Akustik treatment ruangan sudah banyak digunakan, baik untuk gedung, ruang, maupun hunian pribadi. Tujuannya tidak jauh dari keinginan untuk mendapat kesenyapan dan ketenangan. Karena permintaan pasar yang tinggi, maka jasa pemasangan akustik ruangan banyak tersebar di mana-mana.

Tidak jarang Anda salah memilih hingga terjerumus akan embel embel instalasi akustik ruang yang murah. Selain itu, salah pemilihan komponen juga tidak jarang terjadi.

Tips Pemilihan Akustik Ruangan

Pemilihan komponen jadi hal utama yang tidak bisa diabaikan bagi Anda yang ingin memasang akustik treatment ruang. Ada beberapa tips jitu yang bisa dilakukan oleh Anda agar tidak tertipu hanya dengan iming imingi harga instalasi yang murah.

1.     Sesuaikan Komponen dengan Jenis Ruangan

Tips yang pertama, sesuaikan komponen dengan jenis ruangan yang akan dipasangi akustik ruang. Penyesuaian ini bisa dilakukan dengan cara melihat skala ruang. Semakin besar skala ruang, maka pemilihan material paling kokoh semakin diperlukan.

Begitu pula pada ruang dengan skala tidak begitu luas. Bila ruang Anda tergolong sempit, maka pemilihan material yang murah namun bagus bisa digunakan. Ini bisa dilakukan karena pengecekan manual oleh sendiri bisa dilakukan sesering mungkin.

2.     Perhatikan Desain Akustika Ruangan

Desain juga harus disesuaikan dengan jenis ruangan Anda. Dimana desain yang terlalu megah tidak bisa dipasang pada ruang yang terbatas. Nantinya, fungsi penyerapan suara dan getar tidak akan berjalan maksimal.

Bila diperlukan Anda cukup memilih desain umum atau desain sederhana untuk aplikasi akustik ruang di rumah pribadi. Desain full kayu atau studio bisa jadi opsi selanjutnya untuk menentukan desain mana yang akan digunakan.

3.     Sesuaikan dengan Fungsi Ruang

Sesuaikan akustik ruang dengan fungsi ruang. Artinya Anda tidak perlu memasang akustik ruang di segala penjuru rumah. Cukup pilih satu ruang atau beberapa di antara banyaknya ruang untuk dipasangi akustik ruang.

Selain meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu, nantinya hal ini juga akan berpengaruh pada sistem rambat bunyi di rumah secara keseluruhan. Ada baiknya untuk mengaplikasikan akustik ruang hanya pada ruang yang benar-benar dibutuhkan.

4.     Pilih Komponen Terbaik

Pemilihan komponen terbaik bukan berarti Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membayarnya. Komponen terbaik bisa menyesuaikan dengan jenis ruangan atau jenis desain yang dipilih secara mandiri.

Pemilihan komponen terbaik untuk akustik treatment ruangan nantinya akan berpengaruh pada ketahanan jangka panjang. Pastinya Anda menginginkan ruang dengan akustik yang awet tahan lama, sehingga bisa digunakan hingga tahun tahun yang akan datang.

tempat-Jual-Beli-Peredam-Suara-mini-bioskop

Cara Akustik Treatment Ruangan

Mengetahui tips pemilihan akustika ruangan rasanya tidak lengkap bila tidak diimbangi dengan cara pemeliharaanya. Dengan jumlah yang sama berikut empat cara yang bisa dilakukan untuk memelihara akustik ruang berskala kecil maupun besar.

1.     Rutin Pengecekan Material Akustik

Karena ruang ini berbasis material akustik, Anda bisa melakukan pengecekan rutin pada material yang ditempel pada ruang pribadi. Pengecekan ini bisa dilakukan terlebih dulu di sekitar titik yang paling sering terkena benturan.

Titik ini biasanya rawan mengalami kerusakan baik ringan hingga berat. Untuk meminimalisirnya, jauhkan barang dengan ujung runcing dari permukaan material akustik. Pengecekan rutin ini bisa dilakukan perbulan atau bila raji perminggu.

2.     Pembersihan Rutin

Selanjutnya lakukan pembersihan secara rutin. Pembersihan ini bisa dilakukan agar sistem akustik ruangan tepat bekerja dengan baik. Fungsi dari akustika ruangan jga tetap bisa berjalan normal. Pembersihan ringan bisa dilakukan dalam intensitas sering.

Untuk intensitas berkala seperti perbulan lakukan pembersihan optimal agar bersih secara keseluruhan. Pembersihan ini sebaiknya dilakukan dari sisi satu ke sisi lainnya secara berurutan. Tujuannya agar ruangan bersih secara menyeluruh.

3.     Penggantian Material Akustik

Lakukan penggantian material akustik secara berkala sekitar jarak tahunan. Penggantian ini juga bisa dilakukan secara langsung bila terindikasi kerusakan material. Penggantian ini tentu saja tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Dalam penggantiannya Anda juga bisa memasang akustika ruang yang lebih baik. Alasannya agar kenyamanan serta kesenyapan ruang semakin terasa. Dengan suasana baru, mungkin saja Anda semakin produktif dalam menciptakan sesuatu.

4.     Panggil Ahli untuk Perawatan secara Menyeluruh

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah memanggil ahli untuk perawatan maksimal dan menyeluruh. Anda bisa memanfaatkan jasa treatment yang ada agar fungsi ruang tetap terjaga tanpa takut salah kaprah.

Jangan takut mengeluarkan kocek terlalu dalam, jasa ini bisa digunakan dengan tarif di bawah instalasi material akustik. Anda juga dapat berkonsultasi terkait hal terkait dengan ruang berarsitektur akustik milik Anda maupun perusahaan.

Sebenarnya pemilihan dan perawatan akustika ruangan tergolong mudah. Ini bergantung juga pada ketekunan Anda dalam melakukan perawatan menyeluruh untuk ruang kesayangan. Jangan ragu untuk memanggil tukang untuk sekedar melakukan pembersihan sekaligus konsultasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Suite 3058, Mula by Galeria Jakarta, Cilandak Town Square
Jl.T.B Simatupang Kav.17 Rt.02/Rw.01, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan – DKI Jakarta 12430
Telp : 0821 2588 8798

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!