0812 9292 0489 Material Peredam Suara Studio yang Mudah Digunakan

Kontraktorstudio.comRuang studio, baik itu studio musik ataupun video, sebaiknya didesain sebagai ruang kedap suara. Hal tersebut bertujuan agar proses perekaman musik atau video bisa lebih nyaman dan hasilnya pun lebih sempurna. Proses pemasangan peredam suara studio sebenarnya juga tidak terlalu rumit.

Berikut ini ada beberapa material peredam suara untuk keperluan ruang di rumah yang dijadikan sebagai studio. Material peredam suara yang akan dijelaskan di bawah ini juga cukup mudah untuk didapatkan, dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan ruang yang akan dijadikan sebagai studio tersebut.

jasa peredam

Material Peredam Suara Studio yang Mudah Digunakan

1.     Karpet Khusus yang Dilapisi Karet

Material peredam suara pertama yang bisa Anda coba terapkan pada ruang studio adalah karpet. Material karpet yang digunakan bukan jenis karpet biasa, yakni karpet yang sekaligus berfungsi sebagai peredam suara tersebut dilapisi karet.  Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menempelkannya pada permukaan dinding studio.

Karpet khusus yang dilapisi karet ini berfungsi sebagai peredam suara dengan cara memperkecil jangkauan pantul suara yang keluar dari dalam ruang studio. Hasil lebih maksimal bisa Anda dapatkan dengan cara melapisi seluruh bagian ruangan studio dengan karpet khusus berlapis karet ini.

Jadi, bukan hanya permukaan dinding ruang studio saja yang dipasangi material peredam suara berupa karpet berlapis karet ini. Pasalnya, Anda juga perlu melapisi langit-langit ruangan dengan karpet ini. Cara seperti itu membuat suara yang muncul akan benar-benar teredam dan tidak menyebar ke ruang lainnya.

Proses pemasangan peredam suara dalam bentuk karpet berlapis karet ini terbilang cukup mudah. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lain untuk menyewa jasa sewa pemasangan peredam suara. Pasalnya, proses pemasangannya bisa Anda lakukan sendiri.

2.     Rug Pad

Cara jitu lain untuk meredam suara dalam sebuah ruangan studio adalah dengan menggunakan rug pad yang dipasang di area lantai ruangan. Selain karpet berlapis karet untuk melapisi bagian permukaan dinding dan langit-langit studio, Anda bisa menambahkan rug pad untuk melapisi bagian lantai studio.

Struktur material peredam suara dalam bentuk rug pad ini terbilang cukup tebal sekitar 1-2 cm. Hal tersebut membuat rug pad mampu menyerap suara dengan baik. Agar lantai studio tetap terlihat rapi, maka setelah pemasangan rug pad di bagian atasnya juga diberi karpet lantai, ya.

3.     Panel Akustik

Panel akustik merupakan material peredam suara yang juga bagus untuk digunakan pada ruangan studio. Oleh sebab itu, kebanyakan studio musik biasanya menggunakan panel akustik ini untuk mengatasi faktor pantulan suara berlebihan dalam sebuah studio musik.

Meskipun sering dijadikan sebagai material peredam suara untuk studio, namun panel akustik sebenarnya juga bisa dipasang di berbagai macam ruangan.

Jika rumah Anda berada di pinggir jalan raya, maka pemasangan panel akustik bisa Anda jadikan pilihan. Dengan demikian, rumah Anda tidak terasa bising lagi, walaupun kendaraan terus lalu lalang di sekitar rumah.  

4.     Tirai Kedap Suara

Tirai kedap suara juga bisa membuat sebuah ruangan menjadi kedap suara. Inovasi ini bahkan bukan hanya bisa dijadikan sebagai peredam suara, melainkan juga dapat memperindah tampilan dari ruangan tersebut.

Apalagi jika desain ruangan studio yang ada di rumah Anda itu bergaya minimalis, maka kehadiran tirai kedap suara ini akan meningkatkan kesan estetis dalam ruangan tersebut. Tentunya, sebagai peredam suara fungsi dari tirai kedap suara juga tidak bisa diremehkan begitu saja.

Tirai yang didesain khusus sebagai peredam suara ini mampu menekan suara bising. Salah satu hal yang paling membedakan tirai ini dengan jenis tirai lainnya adalah ketebalannya. Dengan begitu, tidak mengherankan apabila tirai ini bisa dijadikan penghalang jitu agar suara tidak bisa masuk dan keluar.

Tirai ini bisa dijadikan pilihan terbaik untuk dipasang pada sebuah ruangan studio yang berjendela. Adanya tirai ini akan membuat ruangan studio yang memiliki jendela akan menjadi kedap suara.

Hal tersebut disebabkan karena tirai kedap suara ini bukan hanya meredam suara yang berasal dari dalam ruangan studio untuk tidak menyebar keluar ruangan. Memanfaatkan tirai kedap suara ini juga sekaligus mencegah masuknya suara bising yang berasal dari luar ruangan, kemudian masuk ke dalam studio.

Maka dari itu, cukup banyak pemilik studio atau rumah dengan ruangan studio yang letaknya di tepi jalan raya lebih memilih memanfaatkan tirai kedap suara ini. Selain mudah proses pemasangannya, tirai ini juga bisa membuat sebuah studio menjadi lebih nyaman untuk dijadikan sebagai tempat berkarya.

Kebanyakan orang masih berpikir bahwa meredam suara untuk studio cukup rumit untuk dilakukan. Namun, beberapa material peredam suara  studio di atas membuktikan bahwa hal tersebut tidaklah tepat. Pasalnya, material peredam suara yang dijelaskan di atas cukup mudah proses pemasangannya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

Copyright 2024 © kontraktorstudio.com All rights Reserved.
error: Content is protected !!