0812 9292 0489 Menciptakan Ruangan Karaoke di Rumah dengan Biaya Terjangkau

Kontraktorstudio.comJika Anda termasuk orang yang suka menghabiskan waktu luang dengan berkumpul bersama keluarga sambil berkaraoke. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba menciptakan ruangan karaoke sendiri di rumah. Biaya yang dibutuhkan juga tidak terlalu menguras kantong jika mengikuti beberapa tips ini.

Jasa-Peredam-Suara-Ruangan-Seminar-karaoke
Jasa-Pemasangan-Peredam-Suara-Ruang-Seminar-karaoke

5 Langkah Mudah Membuat Ruangan Karaoke di Rumah

1.      Ciptakan Ruangan Kedap Suara

Hal pertama yang perlu dipikirkan saat akan membuat ruang karaoke di rumah adalah cara paling efektif agar suara berisik peralatan karaoke dan suara Anda saat bernyanyi itu tidak terdengar hingga keluar rumah. Oleh sebab itu, Anda perlu menciptakan sebuah ruangan yang kedap suara.

Pembuatan ruangan kedap suara sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa lebih bebas dan nyaman saat berkaraoke tanpa perlu khawatir mengganggu tetangga sekitar. Cukup banyak material peredam suara yang bisa Anda gunakan, namun pilihan paling terjangkau adalah karpet.

Langkah pertama untuk menciptakan sebuah ruangan yang kedap suara adalah dengan mempersiapkan beberapa bahan-bahan seperti karpet dan juga cat lem yang berfungsi untuk merekatkan karpet ke seluruh permukaan dinding.

Saat menempel karpet ke seluruh permukaan dinding itu Anda harus memastikan bahwa seluruh dinding benar-benar telah dilapis karpet hingga bagian sudut-sudut yang ada di ruangan tersebut. Selain ditempel menggunakan cat lem sebaiknya Anda juga perlu memaku bagian luar karpet.

Setelah semua permukaan dinding dilapisi karpet, kini saatnya bagian celah jendela dan pintu harus ditutup rapat. Anda bisa menggunakan karet yang bisa Anda dapatkan dari ban dalam motor. Lapisi semua celah pintu dan jendela agar tertutup  rapat sehingga suara tidak bisa keluar dari ruang tersebut.

2.      Perhatikan Kelancaran Aliran Udara dalam Ruangan Tersebut

Setelah semua permukaan dinding dan celah-celah pada pintu dan jendela sudah dilapis karpet dan ditutup karet ban maka bisa dibayangkan betapa pengap dan panasnya ruangan tersebut. Oleh sebab itu Anda perlu menyediakan kipas angin atau lebih baik lagi jika Anda memasang AC.

Ruang karaoke yang sejuk tentu akan membuat Anda merasa lebih nyaman saat berkaraoke. Tidak perlu AC yang mahal, sediakan saja setidaknya kipas angin atau AC mini duduk yang harganya di bawah 1 juta Rupiah.

Namun, jika Anda masih merasa ruang karaoke tersebut masih kurang terasa segar coba tambahkan dengan air purifier sehingga ruangan tersebut jadi tidak mudah lembab.

3.      Sediakan Peralatan Karaoke yang Lengkap

Peralatan karaoke yang lengkap bukan berarti Anda perlu membeli alat-alat karaoke mahal seperti yang ada di tempat karaoke pada umumnya. Anda hanya perlu menyiapkan laptop, speaker serta proyektor mini.

Kehadiran proyektor mini itu bisa Anda fungsikan sebagai pengganti TV sehingga Anda tidak perlu membeli TV dengan layar lebar. Proyektor mini bisa memproyeksikan gambar hingga seluas 180 cm x 120 cm jika Anda mampu memposisikan dengan tepat.

Jika Anda menggunakan laptop yang terhubung dengan proyektor mini maka pilihan lagu yang bisa Anda nyanyikan saat berkaraoke pun lebih luas. Hal tersebut disebabkan karena Anda bisa memutar lagu yang Anda sukai langsung dari Youtube.

Sound system bisa Anda beli dari toko elektronik yang biasanya terdiri dalam satu paket lengkap dengan microphonenya. Cara seperti itu akan membuat biaya yang Anda keluarkan untuk sebuah ruang karaoke menjadi lebih murah.

4.      Mendekorasi Ruangan agar Terasa Lebih Nyaman

Langkah terakhir untuk menyempurnakan sebuah ruang karaoke di rumah adalah dengan mendekorasinya agar terasa lebih nyaman dan enak dilihat. Anda bisa menempatkan foto keluarga ataupun lukisan favorit sebagai hiasan dinding.

Jika perlu tambahkan pula lampu neon di sudut ruangan sehingga ruangan tersebut semakin terasa seperti ruang karaoke. Kebutuhan sistem penerangan dapat Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan dari luas ruangan tersebut serta disesuaikan pula dengan keinginan Anda.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah Anda perlu menempatkan tempat duduk yang nyaman, Tempatkan saja 2-3 sofa empuk sebagai tempat duduk. Selain itu Anda sebaiknya juga menempatkan sebuah meja kecil agar bisa dijadikan alas makanan ringan dan berbagai macam  minuman.

5.      Siapkan Makanan Ringan dan Minuman

Suasana karaoke kurang lengkap rasanya jika tidak ada makanan ringan dan minuman. Berkaraoke biasanya akan membuat tenggorokan menjadi kering sehingga kehadiran minuman memang sangat penting. Makanan ringan akan membuat Anda lebih betah bernyanyi bersama keluarga atau teman.

Jadi, sebaiknya Anda juga perlu mempersiapkan makanan ringan dan minuman misalnya seperti keripik, kacang, ataupun kue-kue kering dan juga jangan lupa minuman bersoda yang menyegarkan. Sajikan makanan ringan dalam toples agar terlihat lebih rapi. 

Proses pembuatan ruangan karaoke pribadi di rumah telah selesai, semua kebutuhan yang perlu ada di dalam ruang karaoke itu telah tersedia. Kini saatnya Anda mengambil microphone dan mulai bersenang-senang berkaraoke bersama teman dan keluarga.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

Copyright 2023 © kontraktorstudio.com All rights Reserved.
error: Content is protected !!