Peredam Suara Studio Musik

kontraktorstudio.com – Secara umum studio musik adalah ruang dimana musisi untuk memainkan musik, suara direkam dan diedit.  Studio musik sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Yakni take room tempat untuk merekam suara musisi dan juga penyanyi yang dimainkan dan direkam oleh mikrofon.

Setiap orang mampu membeli peralatan studio music yang diimpikannya untuk dimainkan, tetapi tidak semua orang memiliki audio atau suara yang baik di studio nya.  Seperti audio yang dipenuh dengan gema, ruangan yang berisik dari kipas computer, AC dan TV di kamar sebelah, dan suara berisik lainnya. Itu kenapa kita membutuhkan peredam suara di studio musik kita.

Maka ada solusi dari semua itu dan itu masih bisa di dapatkan jika kamu serius dalam proses membangun studio musik di rumah atau di tempat lain. Yang pertama, mari kita ketahui apa itu ’ruang kedap suara’ karena banyak pendatang baru dalam musik yang masih salah pemahaman tentang ini.

jasa peredam

A. Yang Dimaksud Dengan Kedap Suara

Kebanyakan orang masih mengsalah artikan ruangan kedap suara dengan istilah yang lain. Istilah tersebut adalah ‘akustik ruang’. Ada perbedaan penting antara dua istilah tersebut.

  • Peredam Suara

Yang dimaksud dengan peredam suara adalah membuat ruangan menjadi tahan terhadap lewatnya gelombang suara dari luar ruangan.  Kedap suara menjaga studio kamu dari suara berisik yang tidak diinginkan, menjamin kualitas vokal dan instrument musik yang terbaik. Panel dinding akustik, diffuser, dan jebakan bass semuanya itu membantu meningkatkan kualitas akustik ruang musik studio kamu. Dan seperti yang diketahui musisi dan vokalis, semakin baik akustik maka semakin berkualitas juga rekaman yang dihasilkan.

Bagi musisi sendiri, lingkungan kedap suara yang hamper sempurna membutuhkan keseimbangan kedap suara dan penyerapan suara yang baik. Bahan kedap suara sendiri di desain untuk menahan suara dan menahan vokal yang menggetarkan telinga yang mengganggu bagian lain dari ruangan yang ada di sekitar studio.

Teknik penyerapan suara ini diterapkan pada interior yang menyerap gelombang suara untuk menghentikan pantulan kembali dari dinding, lantai, dan juga langit langit. Dan juga hal ini menurut pandang musisi gema tersebut dapat berkurang. Saat peredam suara dan penyerapan suara ini digunakan bersama sama maka akan menghasilkan kualitas suara yang lebih baik dan suara berisik pun akan berkurang.

jasa buat ruang studio

B. Pengertian Akustik Ruang

Akustik ruang yaitu proses peningkatan kualitas akustik ruangan untuk merekam atau mengkombinasi musik. Tujuan dari akustik ruang ini sendiri adalah membuat ruangan di dalam studio musik kamu menjadi lebih alami dan menyenangkan dengan suasana terkendali dan kualitas perekaman yang dapat di prediksi.

Akustik ruang menjadi salah satu bagian yang paling sering disalah pahami dalam membangun studio musik.  Dan ini merupakan sentuhan khusus yang dapat mengubah ruangan yang tadinya biasa saja menjadi ruangan perekaman yang tepat.

Ada 4 kegunaan dalam akustik ruang ini, yakni menyerap atau menyebarkan suara di dalam ruangan untuk menghindari gelombang suara yang bergetar secara berlebihan, untuk menghalau gelombang suara yang mempengaruhi frekuensi studio rekaman, selain itu berguna untuk menghalangi suara yang akan masuk ke dalam ruangan studio anda.

C. Absorption dan Diffusion

Ada dua pandangan untuk menangani akustik yang bermasalah. Yang pertama adalah mencegah frekuensi yang tidak diinginkan agar tidak terpantul kembali ke dalam lingkungan perekaman. Metode tersebut dinamakan penyerapan.

Peredam akustik sendiri terbuat dari bahan yang dapat menghentikan energi suara agar tidak memantul dari permukaan yang keras seperti dinding dan langit langit. Hal itu dapat membuat peningkatan yang besar pada kualitas suara ruangan anda dan hasil rekaman anda.

Sedangkan diffusi akustik terbuat dari bahan kaku yang mudah diatur kedalam pola dengan ketinggian, ukuran, atau arah permukaan yang bervariasi. Dalam kebanyakan kasus peredam dan difusi diperlukan untuk perawatan akustik yang efektif.

D. Cara Merawat Studio Anda Secara Akustik

Setiap ruangan unik dan dengan area permasalahan yang berbeda beda. Tetapi jika kamu baru memulai perawatan akustik, maka ada beberapa rekomendasi yang dapat mempercatik ruangan studio kamu.

Berikut jenis perawatan yang harus kamu gunakan untuk merawat ruangan studio kamu:

  • Bass Traps – Untuk Frekuensi Yang Rendah

  • Panel Akustik – Untuk Penyerapan Broadband

  • Diffuser – Untuk Pantulan Akhir

  • Pengertian Dari Bass Traps

Bass traps ini adalah peredam akustik yang dibuat untuk mencegah pantulan yang bermasalah dari frekuensi rendah. Bass traps ini berbentuk seperti prisma segitiga dan penempatannya ada di sudut ruangan tempat frekuensi bass terbentuk. Bass traps biasanya dipakai di studio rekaman, ruang marketing, home theater, dan ruangan lainnya yang dibangun untuk memfasilitasi lingkungan.

Seperti penyerap suara akustik lainnya, bass traps berfungsi dengan cara mengubah energi suara menjadi energi panas melalui gesekan.

  • Apa Itu Panel Akustik

Panel akustik yaitu perangkap penyerap suara yang bekerja untuk rentang waktu frekuensi yang panjang dari energi suara. Bass Traps menangani frekuensi yang terendah sedangkan panel akustik menangani sisanya.

Area penempatan berada di titik refleksi yang pertama. Ini adalah area utama untuk menggunakan panel akustik.

  • Apa Itu Diffusers

Bentuk perawatan yang menyebarkan refleksi gelombang suara daripada menyerapnya adalah pengertian dari diffusers akustik.

Jika kamu hanya menggunakan penyerapan, maka ruangan anda akan berakhir dengan ruangan yang terdengar tidak wajar. Difusi bekerja paling baik untuk mengatasi pantulan akhir.

E. Mengapa Kita Harus Membuat Ruangan Studio Musik Kedap Suara?

Mungkin orang yang baru memahami ini bertanya tanya, mengapa kita harus menggunakan ruangan yang kedap suara dan apa kegunaan jika kita menggunakan ruangan yang kedap suara.

Secara sederhana, kamu memastikan tidak adanya suara berisik yang dapat mengganggu anda dalam proses perekaman suara, dan juga menghalangi suara yang dihasilkan dari ruangan anda tedengar oleh orang yang ada di luar

1 png

  • Meningkatkan Pemisahan Suara Kebisingan

Jika kamu memiliki studio musik di rumah, kamu harus memastikan bahwa semua orang di lingkungan sekitar dapat bergaul tanpa mendengar suara yang dihasilkan dari dala studio rumah kamu.

Jika tidak, maka kamu dimasa mendatang akan menghadapi pengusiran atau dapat dilaporkan ke hukum jika kamu terus bekerja tanpa pemisahan suara yang tepat.

  • Mengurangi Resiko Masalah Getaran

Satu hal lain yang sering dilewatkan ketika sedang berhadapan dengan masalah suara yaitu bahwa getaran suara dapat menimbulkan banyak masalah.

Bahkan jika kamu menghalangi suara dari dalam studio musik agar tidak keluar, getaran suara tersebut masih bisa dirasakan sampai ke bagian lain.

Tidak hanya mengganggu penghuni lain yang terdapat di sekitar studio musik, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan structural seiring berjalannya waktu.

Kesimpulan dari artikel ini yaitu menggunakan peredam suara di studio musik anda sangat diperlukan agar mengurangi gelombang suara yang dihasilkan agar dipantulkan kembali.

Tags :

Peredam Suara, Studio Musik

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!