Merawat Studio Rumah Secara Akustik

kontraktorstudio.com – Kedap suara mengarah kepada konstruksi ruangan, menggunakan bahan konstruksi yang berbeda di dinding untuk mengurangi jumlah suara yang keluar dari ruangan.

Studio rumah biasanya merupakan sebuah gabungan dari ruang rekaman dan ruang kontrol. Dan sangat penting untuk merawat studio rumah secara akustik, guna menjaga kualitas suara kamu.

A. Bass Traps

Masalah utama dengan studio rekaman rumah adalah penumpukan pada frekuensi yang rendah. Frekuensi rendah ini memiliki waktu penurunan yang lebih lama dan jauh lebih sulit untuk diserap daripada frekuensi yang tinggi, membuat campuran audio anda menjadi berantakan.

Ketika membicarakan tentang bass traps, maka kita berbicara tentang bahan penyerap suara berdensitas tinggi yang menggunakan kombinasi fiberglass, rockwall, dan busa akustik. Jenis bahan tersebut memiliki inti berdensitas tinggi untuk menyerap energi dari gelombang suara yang berfrekuensi rendah.

Untuk bass traps, ada beberapa pilihan yang dapat kamu gunakan:

– Auralex LENPUR LENRD Bass Traps

– ATS Acoustics Corner Bass Traps

– Primacoustic Cumulus Broadband Corner Trap

11

B. Penempatan Bass Traps

Bass Traps harus ditempatkan pada titik refleksi di ruangan anda. Sangat sering titik refleksi ini ada 4 sudut setiap ruangan dimana sering terjadi penumpukan bass. Dengan menempatkan bass traps di keempat sudut ruangan, maka kamu dapat meningkatkan bass absorption tetapi tidak bisa sepenuhnya menghilangkan frekuensi suara, karena memiliki waktu peluruhan yang lebih lama.

Jika anggaran dana kamu terbatas, maka pertimbangkan kembali untuk menggunakan ruangan kamu dengan bass low end sebelum menambahkan panel akustik.

C. Panel Akustik

Panel akustik hanya digunakan untuk menghilangkan gelombang dan suara frekuensi yang tinggi saja.

Harus diingat bahwa panel akustik hanya efektif terhadap suara frekuensi yang tinggi, panel akustik tidak memiliki efek pada frekuensi low end sama sekali.

D. Penempatan Panel Akustik

Mulailah dengan menempatkan panel akustik dibelakang meja studio kamu. Setidaknya kamu harus menutupi setidaknya 30 persen dari dinding di belakang studio kamu.

Panel akustik juga dapat ditempatkan ke sisi ruangan guna menyerap pantulan awal. Beberapa penyerapan di bagian belakang dapat digunakan untuk mengurangi pantulan akhir.

E. Menyesuaikan Penempatan Speaker

Aturan yang utama saat memposisikan speaker adalah membentuk segitiga sama sisi dengan speaker di sudut kiri dan kanan dinding. Speaker harus diarahkan langsung ke kepala anda dalam posisi horizontal dan vertical. Kamu dapat memperlebar atau mempersempit jarak speaker sedikit jika hal itu dapat membantu mengatasi masalah pada bass.

Hindari menempatkan speaker yang rendah di bagian belakang meja, karena hal itu kamu akan mendengar pantulan yang kuat dari permukaan meja, yang akan mengganggu kualitas suara di dalam ruangan dan mengganggu kejernihan suara.

Jika kamu terpaksa menempatkannya di meja, kamu akan mendapat suara yang jauh lebih kencang jika kamu menggunakan platform suara yang terisolasi daripada meletakkan monitor langsung di permukaan meja.

F. Menyerap Titik Refleksi

Titik kontak berikutnya untuk gelombang suara adalah dinding yang sejajar. Jika tidak dirawat, permukaan datar akan menciptakan titik refleksi yang berkelanjutan ke seluruh ruangan. Maka solusi sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggantung kain tebal atau panel penyerap di sekitar area tersebut.

Area yang perlu di perhatikan lainnya adalah dinding yang berlawanan dengan speaker kamu. Melalui proses yang sama yaitu meletakkan benda besar, padat, dan menyerap seperti sofa atau tempat tidur.

G. Isolasi Atau ‘Decoupling’

Biasanya kamu menempatkan speaker di meja depan kamu. Tetapi itu bisa menjadi salah satu masalah yang sering muncul, bahwa kontak langsung bisa menyebabkan meja bergetar karena speaker tersebut, menimbulkan derak yang tidak diinginkan , atau peningkatan resonansi.

Solusi yang sederhananya adalah mencari bahan seperti busa atau karet untuk diletakkan dibawah speaker kamu. Kamu juga bisa meletakkan setumpuk buku di bawah speaker kamu.

Dari penjelasan diatas, perawatan akustik harusnya ditempatkan di area yang mempunyai efek yang besar.

Tags: perawatan, akustik

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Suite 3058, Mula by Galeria Jakarta, Cilandak Town Square
Jl.T.B Simatupang Kav.17 Rt.02/Rw.01, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan – DKI Jakarta 12430
Telp : 0821 2588 8798

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!