Memilih Bahan Akustik Gereja

kontraktorstudio.com – Ketika intensitas suara lebih besar, maka akan menyebabkan masalah atau gangguan pada ruangan di sekitarnya. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat area atau ruangan tersebut menjadi kedap suara dengan menggunakan bahan yang sesuai yang biasanya disebut dengan ‘bahan akustk’.

Bahan akustik mempunyai peranan penting dalam berbagai bidang konstruksi bangunan. Di studio, tempat ibadah, bioskop diperlukan perlakuan akustik untuk memilih bahan bahan akustik gereja untuk mengontrol suara luar dan dalam dari bangunan sehingga suara tidak akan terdengar ke luar ruangan.

11

A. Material Akustik & Cara Kerja

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, peredaman suara hanya mengarah kepada pengurangan kebisingan di area tertentu. Hal ini dapat diatasi dengan memasang bahan isolator tertentu yang menyerap suara.

Ada beberapa jenis bahan atau material akustik dan kamu harus mempertimbangkan banyak faktor seperti jenis bangunan yang kedap suara dan intensitas suara bising yang akan diserap di antara banyak faktor lainnya. Berikut ini contoh beberapa bahan akustik yang digunakan untuk pengaplikasian kedap suara :

  • Mineral wool

  • Fiberglass kedap suara

  • Fiberglass akustik

  • Panel akustik

 

B. Tips Pemilihan Bahan Akustik

Tidak ada bahan yang salah dalam hal kedap suara, itu semua tergantung kepada apa yang ingin kamu mau. Namun setelah ini ada beberapa bahan kedap suara yang baik yang bisa kamu pilih untuk digunakan :

  • Tingkat atau Sumber Kebisingan

Tingkaebisingan yang akan masuk sangat menentukan jenis bahan yang akan digunakan. Untuk kebisingan yang rendah, kamu bisa menggunakan busa lembut yang dirancang khusus dapat membantu menyerap suara bising. Tetapi jika suara bising yang dihasilkan bersumber dari mesin tugas berat isolator kebisingan yang lebih canggih lagi bisa kamu gunakan.

  • Perambatan Kebisingan

Kebisingan dapat berupa udara atau struktur. Untuk mendapatkan bahan terbaik untuk peredam suara, terlebih dahulu kamu harus menentukan bagaimana suara merambat dari sumber aslinya ke penerima suara.

Hal ini karena beberapa isolator cocok untuk transmisi suara bising di udara, dan mungkin sangat tidak efektif untuk kebisingan yang berbasis terstruktur dan begitupun sebaliknya.

  • Terbuat Dari Apa Bahan Tersebut

Beberapa bahan kedap suara lebih ramah lingkungan daripada yang lain, dan umumnya akan mempengaruhi pemilihan bahan. Beberapa bahan lainnya mungkin termasuk bahan yang mudah terbakar yang mungkin akan tidak cocok digunakan pada penggunaan tertentu.

  • Insulasi Termal

Beberapa bahan kedap suara membawa beberapa fitur insulasi termal, yang berguna untuk membantu mengurangi panas. Disarankan untuk medapatkan jenis bahan kedap suara ini karena cukup efektiv dalam biaya dan keuntungan.

  • Mudah Dalam Pemasangan dan Perawatan

Saat memilih bahan untuk akustik, disarankan untuk memilih bahan yang mudah dalam pemasangan dan perawatan untuk memaksimalkan waktu. Misalnya, saat memisahkan dinding dan langit – langit agar suara tetap terdengar, yang digunakan adalah klip suara yang tahan lama daripada saluran yang tahan lama karena lebih mudah dalam pemasangan.

C. Cara Menguji Efektivitas Material

Untuk memastikan bahwa kamu membeli bahan akustik yang baik, kamu bisa mencoba dengan beberapa cara dibawah ini :

  • Kelas Insulansi Benturan: ini digunakan untuk menguji apakah produk akustik yang menghalangi suara.

  • Jika kamu memang ingin menguji bahan akustik kamu, kamu dapat menggunakan CAC dan STC masing – masing.

D. Tipe Bahan Akustik

Sebagian tipe bahan akustik yang bisa digunakan untuk tempat ibadah ialah cermin, wol, serta fiberglass. Sebagian besar bisa di kategorikan menjadi bahan yang berpori, metamaterial, serta kristal sonic.

  • Bahan yang berpori dapat dengan mudah ditembus oleh suara, perihal ini bagus untuk mengurangi gelombang suara tanpa mesti menyerap seluruhnya.

  • Metamaterial sendiri mengacu terhadap bahan yang terbuat dengan tiruan yang memiliki komponen pengulangan kimia yang tidak dapat secara umum ditemukan di alam.

  • Kristal sonic ini berisi deretan pemukaan hamburan gelombang yang jadi penghalang suara bising yang kokoh dikala menghentikan gelombang suara supaya tidak merambat.

Dari penjelasan diatas, memilih bahan akustik gereja harus diseleksi degan teliti sebab akan mempengaruhi penggunaannya nanti.

Tags : Bahan Akustik, Akustik Gereja, Peredam Suara

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Suite 3058, Mula by Galeria Jakarta, Cilandak Town Square
Jl.T.B Simatupang Kav.17 Rt.02/Rw.01, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan – DKI Jakarta 12430
Telp : 0821 2588 8798

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!