Akustik di Tempat Ibadah

kontraktorstudio.com – Akustik di tempat ibadah sangat mempengaruhi komunikasi di dalam tempat ibadah tersebut. Sebuah ruangan dikatakan mempunyai akustik yang baik jika menyediakan lingkungan suara yang kondusif. Agar ruang ibadah memiliki akustik yang baik, maka harus memungkinkan adanya komunikasi verbal dan suara yang baik. Jika akustik yang ada tidak bagus maka yang akan terjadi adalah komunikasi akan tidak berjalan dengan baik.

Akustik suatu ruangan ditentukan oleh arsitektur, bentuk geometris, cara penyelesaian, dan jumlah orang yang berada di ruangan tersebut pada waktu tertentu. Tidak selamanya gema dapat menimbulkan masalah, pada saat yang sama beberapa gema diinginkan untuk meningkatkan nyanyian paduan suara dan jemaat yang hadir.

A. Definisi Akustik Yang Baik

Meskipun terdengar dengan kencang suara musik, paduan suara, atau suara lainnya seorang jemaat tidak boleh merasa asing atau hanya dapat mendengar suaranya sendiri.

Ruang akustik yang baik adalah lingkungan yang membantu semua penyanyi dan instrumental dalam mendengar satu sama lain.

B. Perbedaan Akustik Rumah Dengan Akustik Tempat Ibadah

Akustik di ruangan yang lebih kecil diatur oleh geometri ruangan. Di ruangan yang lebih kecil karakter nada ruangan dapat berubah secara drastis, tetapi itu tidak ditemukan pada ukuran ruangan yang lebih luas.

Di ruangan yang lebih besar, gelombang frekuensi rendah tidak melipat kembali seperti yang terjadi di ruangan yang lebih kecil. Mereka ( gelombang ) cenderung menyebar lebih jauh.

C. Sound System Sebagai Solusi

System suara yang dirancang dengan baik dapat dapat membantu mengatasi akustik dan meningkatkan kualitas suaa ibadah. Agar bekerja dengan baik, maka harus dikerjakan secara bahu membahu dengan akustik ruangan. Berikut sound system digunakan dalam  cara dasar :

  • Sound system membuat suara lebih keras, sehingga suara atau alat musik yang sekiranya lemah bisa memenuhi tempat ibadah tersebut.

  • Sound system dapat memberikan kejelasan ucapan di ruangan yang seharusnya bergema. Jenis sound system yang tepat dapat menghilangkan masalah akustik antara suara musik dengan ucapan tanpa membiarkannya memantul.

  • Sound system terkadang dapat membuat musik kontemporer menjadi lebih efekif dalam suatu ruangan daripada yang seharusnya terlalu bergema. Sound system yang akan digunakan untuk musik kontemporer harus mampu memberikan kealamian.

2-1

D. Mendapatkan Akustik dan Sound System Dengan Baik

Akustik ruang sangat tergantung pada bentuk dan penyelesaiannya, memasang system pengeras suara dan mikrofon yang tepat di tempat yang tepat juga merupakan dasar untuk kinerja system suara yang baik. Jika arsitek belum menyediakan system pengeras suara yang tepat dalam desain bangunannya, jemaat harus melihat pengeras suara yang yang tidak berfungsi dengan baik.

Tidak semua tempat ibadah membutuhkan jenis akustik yang sama. Akustik yang baik untuk satu jemaat mungkin tidak cukup untuk jemaat yang lain.

E. Akibat Sound System Yang Buruk

Ada beberapa akibat dari sound system yang buruk, maka berikut ini contohnya :

  • Pembicaraan Yang Buruk

Akustik yang buruk atau system suara yang tidak memadai dapat membuat ucapan sulit untuk dipahami. Contohnya, setiap orang dapat mendengar pengkhotbah, tetapi sebagian dari mereka tidak mengerti apa yang pengkhotbah tersebut bicarakan.

  • Paduan Suara Jemaat Akan Terkendala

Akustik yang buruk dapat membuat paduan suara  dan nyanyian jemaat akan teredam dan terkesan suaranya akan dipaksakan. Dan kemungkinan paduan suara sepertinya tidak akan terdengar walaupun seberapa kencang mereka bernyanyi.

  • Akustik Akan Memburuk

Akustik yang buruk maka dapat membuat musik yang terdengar juga buruk, dan itu membutuhkan sound system yang lebih mahal lagi.

Jika ini masalahnya, maka musik tidak akan pernah terdengar bagus sampai akustik tersebut diperbaiki.

Dari bacaan di atas, kualitas akustik di dalam tempat ibadah ditentukan oleh medan suara yang ada di dalamnya. Selain itu, kualitas akustik ruangan juga dipengaruhi oleh karakter dan penempatan sound system.

Tags : Akustik Tempat Ibadah, Sound System, Tempat Ibadah

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Jl. Kesehatan No. 6, rt 06 rw 05, Kp. Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760

Phone : 0812 9292 0489

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!