Pengertian Akustik Ruangan

kontraktorstudio.com – Agar sebuah ruangan terdengar dan terasa maka ini sangat bergantung kepada sifat akustik tertentu dari bahan di dalam ruangan, contohnya saja akustik ruangan auditorium diatur untuk gema alami yang akan meningkatkan suara.

Setiap tempat mempunyai ciri khas suaranya sendiri, hal tersebut disebut dengan “profil akustik”. Beberapa ruangan seperti ruangan untuk diadakannya konser, dirancang khusus untuk kualitas akustiknya. Tetapi sebagian besar ruangan dirancang hanya untuk mempertimbangkan nilai estetika dan fungsinya bukan kepada akustiknya.

A. Yang Dimaksud Akustik Ruang

Untuk memahami ruangan kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan akustik ruang, akustik sendiri yaitu cara gelombang suara berinteraksi dengan ruangan di sekitarnya. Bagaimana gelombang dapat berinteraksi dengan permukaan tersebut tergantung pada sifat permukaannya.

Terkadang gelombang suara akan dipantulkan, sementara di lain waktu bisa juga diserap. Karena efek ini dapat bertambah di berbagai permukaan yang berbeda di seluruh ruangan, hal itu menghasilkan akustik khusus terhadap ruangan itu.

4 png

B. Mengapa Penting Menggunakan Akustik Ruangan

Mungkin ruangan yang bergema sedikit masih dapat diterima, tetapi akustik yag baik dapat membawa beberapa manfaat untuk semua aktivitas yang berada di ruangan tersebut.

Berikut adalah beberapa manfaat tersebut :

  • Meningkatkan Konsentrasi

Meningkatkan akustik di ruangan dapat membuat perbedaan besar dalam hal konsentrasi. Dengan begitu banyak suara kecil yang dapat diserap dan suara luar agar tidak terdengar, maka orang dapat lebih fokus pada apa yang sedang mereka lakukan.

  • Meningkatkan Produktivitas

Setelah kamu menyesuaikan akustik ruangan kamu untuk meningkatkan konsentrasi, maka kamu akan dapat bekerja dengan produktif. Walaupun ada gangguan suara dari radius 20 kaki, kamu dapat tetap mengerjakan tugas dan menyelesaikannya lebih banyak dalam waktu yang tertentu.

Fakta ini menjadikan pengetahuan yang sangat penting bagi ruangan untuk memiliki akustik yang baik.

  • Kualitas Suara Keseluruhan Menjadi Lebih Baik

Sangat penting mengetahui bahwa struktur dan penataan ruangan kondusif untuk kualitas suara yang baik. Dengan akustik yang baik, semuanya bisa terdengar dengan baik.

C. Apa Yang Mempengaruhi Akustik Ruang

Karena akustik didorong oleh interaksi antara gelombang suara dan permukaan yang berbeda, maka masih masuk akal jika banyak factor perbedaan yang berperan dalam akustik ruangan tertentu.

Ada 3 hal yang mempengaruhi keseluruhan pergerakan gelombang suara di dalam ruangan, yaitu permukaan yang keras, sumber suara bising, dan langit – langi yang tinggi.

  • Permukaan Yang Keras

Banyak hal yang mempengaruhi bagaimana gelombang suara berinteraksi dengan permukaan yang lunak atau keras. Papan kayu akan mempunyai efek yang jauh berbeda dari tirai kain. Itulah mengapa penting untuk mempertimbangkan penataan permukaan yang keras di kamar kamu.

Sementara permukaan yang lunak cenderung menyerap gelombang suara, permukaan yang keras akan memantulkannya dan menyebabkan gema. Semakin banyak permukaan keras yang ada di ruangan, maka semakin banyak gema yang di hasilkan. Jika terlalu banyak, maka kamu akan sulit untuk mengerti suara yang akan di dengar.

  • Sumber Suara Bising

Terkadang permukaan bukan satu satunya hal yang dapat mengakibatkan masalah pada gelombang suara. Jika terlalu banyak suara yang dihasilkan dalam ruang tertentu, maka kamu tidak dapat mendengarkan dengan jelas apa yang sedang dibahas dalam obrolan tersebut.

Maka dari itu mencegah suara dapat membantu kamu meningkatkan kejelasan pada sumber suara.

  • Langit – Langit Yang Tinggi

Semakin jauh gelombang suara, maka akan semakin banyak gema yang akan terjadi. Jika kamu tidak ingin memiliki gema di ruangan kamu, pastikan jika kamu memiliki langit – langit yang rendah.

Jika kamu ingin memiliki langit – langit yang tinggi, maka kamu dapat menutupnya dengan peredam suara.

2 png

D. Memperbaiki Akustik Ruangan

Melalui teknik seperti diffuse dan absorption maka kamu sudah dapat mengatasi masalah akustik ruangan.

  • Diffuse

Jika bermasalah dengan ruangan kamu sebagian besar adalah distribusi suara yang buruk, difusi mungkin merupakan solusi terbaik. Difusi mengarah kepada proses penyebaran gelombang suara secara merata di seluruh ruang.

  • Absorption

Berbeda dengan difusi, absorption adalah solusi terbaik untuk menghilangkan gelombang suara. Jika ruangan kamu memiliki banyak gema, maka peredam dapat membantu dengan menurunkan jumlah gelombang suara.

Dengan demikian akustik ruangan masih cukup diabaikan penggunaannya namun cukup penting kegunaannya.

Tags: Akustik Ruang, Akustik

 

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Suite 3058, Mula by Galeria Jakarta, Cilandak Town Square
Jl.T.B Simatupang Kav.17 Rt.02/Rw.01, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan – DKI Jakarta 12430
Telp : 0821 2588 8798

© 2020 kontraktorstudio.com All Rights Reserved

error: Content is protected !!